Atur Keuangan selama Ramadan

Kamis, 09 Juli 2015 - 10:33 WIB
Atur Keuangan selama Ramadan
Atur Keuangan selama Ramadan
A A A
Pengeluaran pada bulan puasa sering kali lebih besar dibandingkan pengeluaran pada bulan lainnya. Sajian menu yang istimewa dan harga kebutuhan pokok yang naik merupakan beberapa faktor penyebabnya.

Belum lagi Lebaran yang juga membutuhkan biaya besar. Nah, bagaimana menyiasati agar keuangan tetap sehat selama bulan Ramadan dan Lebaran? 1.Berbelanja sebelum Ramadan Biasanya selama bulan puasa, harga-harga kebutuhan pokok akan melonjak. Nah sebaiknya, belanjalah bahan kebutuhan pokok yang tahan lama sebelum bulan puasa tiba. Misalnya seperti beras, gula, minyak goreng, tepung, dan lainlainnya. Bila memungkinkan, belilah langsung dalam jumlah yang banyak. Perkirakan stok hingga Lebaran tiba. Jangan lupa juga untuk pantau diskon di beberapa supermarket. Biasanya mereka menggelar diskon pada akhir pekan.

2.Menu Puasa Jangan Berlebihan Saat berbuka puasa, makanan yang tersedia di meja makan sering kali berlebihan karena mengikuti keinginan hati. Padahal, makanan-makanan itu kadang tidak termakan dan akhirnya terbuang sia-sia. Untuk itu, ada baiknya Anda mengatur menu sahur dan berbuka yang memenuhi kebutuhan gizi tapi tidak berlebihan.

3.Membatasi buka puasa di luar Saat Ramadan, tawaran buka puasa bersama mengalir deras. Pilih-pilih acara buka puasa di luar rumah. Sudah pasti harga makanan di restoran lebih mahal dibandingkan memasak sendiri di rumah. Berbuka puasa di rumah bukan saja membuat kantong aman, juga lebih sehat karena makanan rumahan lebih terjamin nutrisi dan kebersihannya.

4.Buat kue Lebaran sendiri Salah satu yang membuat pengeluaran membengkak saat Ramadan adalah persiapan menjelang Idul Fitri, salah satunya kue-kue. Agar hemat, ada baiknya membuat kue Lebaran sendiri. Syukur-syukur kue buatan Anda rasanya enak, bisa jadi banyak yang memesan dan menjadi sumber penghasilan saat Ramadan.

Larissa
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)