Jenis Vitamin dan Manfaatnya

Jum'at, 10 Juli 2015 - 10:26 WIB
Jenis Vitamin dan Manfaatnya
Jenis Vitamin dan Manfaatnya
A A A
Vitamin A.

Vitamin A bermanfaat menjaga kesehatan mata, sumber antioksidan, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penuaan dini. Vitamin ini dapat diperoleh dari buah dan sayuran yang memiliki warna merah terang atau oranye dan hijau, seperti wortel dan bayam.

Vitamin B.

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang kompleks, di dalamnya masih dapat dibagi menjadi beberapa macam vitamin lagi, seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin B memiliki manfaat mencegah beri-beri, menjaga kesehatan jantung dan sistem syaraf, menambah nafsu makan, menghasilkan senyawa asam, menjaga kesehatan kulit, serta mencegah penyakit anemia. Vitamin B dapat kita temukan dalam jenis buah, sayuran, kacang-kacangan dan gandum, serta daging.

Vitamin C.

Vitamin C memiliki manfaat menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, sebagai antioksidan, menjaga kesehatan gusi dan gigi, dan membentuk sel darah merah. Vitamin ini dapat kita temukan dalam buah yang berasa asam, ikan, dan mentega.

Vitamin D.

Vitamin D berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin ini dapat kita temukan dalam susu dan hebatnya lagi kita bisa mendapatkannya secara gratis dari sinar matahari pagi, dari terbitnya matahari sampai pukul 09.00 pagi.

Vitamin E.

Vitamin E berfungsi menjaga kesehatan kulit dan mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh. Vitamin ini bisa didapat dari gandum, minyak ikan, dan minyak sayur

Vitamin K.

Vitamin K adalah vitamin yang memiliki kegunaan mencegah osteoporosis dan diabetes. Vitamin K dapat ditemukan dalam alpukat dan sayuran hijau. Kekurangan vitamin K dapat membuat tulang mudah keropos.

Larissa
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7969 seconds (0.1#10.140)