5 Pemanis Alami yang Baik untuk Tubuh

Sabtu, 18 Juli 2015 - 11:30 WIB
5 Pemanis Alami yang Baik untuk Tubuh
5 Pemanis Alami yang Baik untuk Tubuh
A A A
JAKARTA - Makanan manis kerap digemari banyak orang. Sayangnya, banyak mengonsumsi manis juga tidak baik bagi kesehatan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, dan penyakit jantung. Terutama jika gula tidak datang dari sumber makanan alami, seperti buah.

Meski demikian bukan berati Anda tidak dapat mengonsumsi makanan manis. Demi kesehatan, Anda dapat mengonsumsi makanan manis yang terbuat dari pemanis alami secara tidak berlebihan. Berikut beberapa pemanis alami yang baik untuk tubuh yang dilansir dari Health Me Up.

1. Madu
Madu dipercaya dapat menjadi antibakteri khusus yang dapat melawan flu dan mencegah radang gusi. Rasa cemas dan mengobati gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan mengonsumsi madu.

Aman bagi kesehatan, membuat madu kerap digunakan sebagai pemanis dalam roti atau kue lainnya. Sementara kandungan karbohidrat yang tinggi dipercaya mampu membuatnya menjadi sempurna pasca olahraga.

2. Agave nektar
Agave nektar merupakan pemanis alami yang diekstrak dari kaktus seperti tanaman agave. Pemanis ini kerap digunakan untuk minuman teh herbal, limun dan sirup untuk sarapan.

Indeks glikemik yang rendah, membuat agave nektar tidak menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah. Namun dalam menggunakan pemanis ini tidak dianjurkan berlebihan. Pasalnya, agave nektar mengandung fruktosa yang tinggi dan dapat memicu diabetes tipe 2.

3. Gula kelapa
Rasanya yang sedikit karamel membuat pemanis ini kerap digunakan untuk hidangan penutup. Gula kelapa sendiri terbuat dari getah yang diambil dari pohon kelapa.

Produsen gula kelapa mengklaim, gula kelapa merupakan makanan glikemik rendah, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya dan memecahnya menjadi glukosa. Pemanis ini juga dipercaya tinggi glutamin yang diklaim anti agen inflamasi.

4. Sirup maple
Sirup maple mengandung seng, magnesium dan besi, serta membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sirup maple juga dipercaya mengandung antioksidan yang dapat mencegah anti kanker, anti bakteri dan anti diabetes.

Umumnya sirup yang terbuat dari ekstrak getah pohon maple ini digunakan untuk pancake, pemanis oatmeal, atau alternatif untuk gula atau pembakaran sirup gula. Namun Anda perlu berhati-hati saat memberli sirup ini. Pasalnya ada beberapa merek yang menambahkan sirup maple dengan sirup jagung, tinggi fruktosa.

5. Stevia
Stevia merupakan salah satu dari beberapa alternatif gula pra paket yang tidak diproses secara kimia. Pemanis ini dibuat dari daun tanaman Stevia dan dijual dalam bentuk bubuk atau cair. Rasanya yang lebih manis dari gula umumnya, membuat stevia cukup digunakan dalam jumlah sedikit.

Snack, merupakan salah satu makanan yang menggunakan stevia. Kabar baiknya, stevia bebas kalori dan baik untuk Anda yang sedang memantau diet atau menurunkan berat badan. Demi kesehatan, hindari produk yang telah dicampur dengan gula atau xylitol.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8653 seconds (0.1#10.140)