TV Digital dan Media Player

Selasa, 14 Juli 2015 - 08:42 WIB
TV Digital dan Media Player
TV Digital dan Media Player
A A A
Xtreamer Set Top Box (STB) DVBT2 Bien punya dua fungsi utama. Pertama sebagai alat untuk menangkap sinyal TV digital.

Sedangkan kedua menjadi media player. Sebagai tuner TV Digital Terestrial (DVB-T2), Anda harus memastikan terlebih dulu bahwa siaran TV digital memang ada di daerah Anda. Jika ada, maka cukup gunakan STB ini dengan antena TV rumah yang sudah ada. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan siaran TV lokal dalam bentuk High Definition (HD). Apa untungnya menonton siaran TV dalam bentuk digital, bukan analog seperti yang ada sekarang?

Pertama, dari kenikmatan menonton. Jika Anda terbiasa menonton konten video berdefinisi tinggi di smartphone, maka jelas sekali bagaimana siaran analog di TV yang ada saat ini menampilan kualitas suara dan gambar yang sangat rendah. Nah, bukan hanya TV digital memberikan kualitas jauh lebih baik serta channel lebih banyak dibanding analog, tapi migrasi ke platform digital memang harus dilakukan sesuai target pemerintah bahwa 2018 nanti semua siaran TV harus berformat digital.

Pada saat itu, tuner seperti STB DVB-T2 Bien yang seharga Rp250 ribuan ini akan menjadi alat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Fitur menarik lain dari STB DVB-T2 Bien adalah kemampuannya sebagai media player atau pemutar konten. Ini penting seandainya Anda memiliki banyak sekali konten di laptop dan ingin ditonton di layar TV yang lebih besar.

Misalnya video, lagu, atau foto. Caranya mudah, hanya perlu hubungkan HDD eksternal ke port USB di STB, maka video dengan resolusi hingga Full HD 1080p (file MKV disertai subtitle) pun dapat diputar. Begitu juga MP3 bahkan foto. Ada juga fitur perekam untuk menonton siaran tertentu. Disebut Time Shift. Fitur seperti ini sebelumnya hanya ada pada IPTV. Yang menarik, perangkat STB DVB-T2 Bien juga mudah digunakan.

Begitu dicolok, programnya langsung muncul di TV. Secara keseluruhan, fitur STB DVB-T2 Bien di rentang harganya terbilang cukup banyak. Meski, Anda harus menambah dana lagi untuk misalnya membeli kabel HDMI. Begitupun membeli antena TV jika memang tidak punya. Ingat, sekali lagi siaran digital belum merata di Indonesia. Pastikan terlebih dulu ketersediannya di rumah Anda.

Danang arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)
pixels