Perokok Disarankan Jalani Deteksi Dini Kanker Paru

Minggu, 19 Juli 2015 - 09:45 WIB
Perokok Disarankan Jalani Deteksi Dini Kanker Paru
Perokok Disarankan Jalani Deteksi Dini Kanker Paru
A A A
JAKARTA - Kanker paru-paru merupakan penyakit mematikan yang berkembang dengan agresif. Parahnya, kanker paru-paru tidak memiliki gejala awal yang khas.

Keadaan ini kerap membuat pasien mengetahui penyakitnya saat sudah memasuki stadium empat. Pasien datang ke rumah sakit dengan keadaan yang tidak bisa disembuhkan.

"Padahal kalau sudah stadium empat kita sudah tidak bisa menyembuhkan, hanya memperlambat kematian saja," papar Ahli Bedah Toraks dan Kardiovaskular Gleneagles Hospital, dr Su Jang Wen di Plaza Bapindo, Jakarta.

Su meminta agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatannya. Menurutnya, pasien kanker paru-paru bisa dideteksi dini dan diberi penanganan cepat.

"Gejala awal kanker paru-paru paling hanya nafas agak berat dan batuk. Banyak orang yang ga peka dan tidak langsung periksa," kata dia.

Dia pun menyarankan bagi perokok lebih dari 10 tahun, sebaiknya melakukan CT Thorax dengan radiasi rendah setiap tahun. "Apalagi perokok yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker paru-paru, entah orangtua atau anggota keluarga yang lain. Dirinya lebih berisiko dibandingkan yang lain," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7395 seconds (0.1#10.140)