Menkes : Mudik Tetap Jaga Pola Hidup Bersih

Minggu, 19 Juli 2015 - 15:22 WIB
Menkes : Mudik Tetap Jaga Pola Hidup Bersih
Menkes : Mudik Tetap Jaga Pola Hidup Bersih
A A A
JAKARTA - Lebaran Idul Fitri telah berlalu, para pemudik yang pulang ke kampung halaman pun tengah bersiap kembali ke tempat asal mereka. Agar mudik terasa aman dan nyaman, kesehatan merupakan hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek mengimbau para pemudik untuk menjaga pola hidup bersih.

"Jangan buang sampah sembarangan. Jangan merokok dalam bus. Jangan beri asap pada yang lain terutama ada anak-anak dalam bus," papar Nila di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta.

Sementara bagi para pengemudi, dianjurkan untuk beristirahat ketika merasa lelah. "Pengemudi dapat memanfaatkan pos peristirahatan sepanjang jalan," ujarnya.

Lanjut Nila menjelaskan, mudik bersama menggunakan bus merupakan salah satu cara untuk mengurangi angka kecelakaan. Pasalnya, pada mudik 2014, angka kecelakaan terbanyak terjadi pada sepeda motor, yaitu 3.869 unit.

"Sepeda motor seharusnya hanya untuk dua orang, saat mudik menjadi lebih dari dua dan membawa banyak barang dan berat. Tapi mudik bersama menggunakan bus dapat mengurangi kemacetan di jalan," tandasnya.

Sebanyak 1.094 puskesmas dan 1.554 rumah sakit selama 24 jam telah disiagakan Kemenkes di daerah mudik. Sebanyak 870 posko pelayanan kesehatan telah disebar di jalur mudik. Di posko tersebut, pemudik bisa mengecek kesehatannya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9429 seconds (0.1#10.140)