Perbanyak Pohon di Lingkungan, Hindari Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 23 Juli 2015 - 07:20 WIB
Perbanyak Pohon di Lingkungan, Hindari Tekanan Darah Tinggi
Perbanyak Pohon di Lingkungan, Hindari Tekanan Darah Tinggi
A A A
KANADA - Pakar neuroscience lingkungan hidup, Marc Berman, mengungkapkan banyak pohon membuat orang yang tinggal disekitarnya lebih sehat.

"Saya sangat tertarik dengan bagaimana lingkungan fisik memengaruhi otak dan perilaku," papar Berman dari University of Chicago.

Dilansir dari VOA, dalam melakukan penelitiannya yang diterbitkan di jurnal Nature ini, Berman menggunakan data mengenai pepohonan dan survei kesehatan dari 31.000 warga di Toronto, Kanada.

"Kami menemukan bahwa, dengan memperhitungkan pendapatan dan usia dan pendidikan, daerah-daerah tempat tinggal yang memiliki lebih banyak pohon di jalan terkait dengan meningkatnya kesehatan warga di daerah-daerah tersebut," ujarnya.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa blok perumahan dengan jumlah pohon lebih dari 10 memiliki tingkat kesehatan lebih tinggi 1%. Bahkan warga di blok tersebut dikabarkan bebas dari tekanan darah tinggi dan masalah berat badan.

"Dan peningkatan 1% sepertinya tidak banyak, tapi setidaknya dalam studi kami, ini setara dengan meningkatnya pendapatan rumah tangga sebanyak USD 10.000, dan setara dengan berkurangnya usia menjadi 7 tahun lebih muda," kata dia.

Meski tidak disebutkan mekanisme yang memicu manfaat tersebut, namun studi ini menemukan inisiatif untuk menambah lebih banyak pohon bisa meningkatkan kualitas udara, mengurangi stres dan mendorong lebih banyak aktivitas fisik.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0552 seconds (0.1#10.140)
pixels