Valet Ajaib ala Mercedes dan Bosch

Kamis, 23 Juli 2015 - 10:44 WIB
Valet Ajaib ala Mercedes dan Bosch
Valet Ajaib ala Mercedes dan Bosch
A A A
MERCEDES-BENZ, Bosch, dan Car2Go menghadirkan teknologi parkir yang sangat canggih. Berkat teknologi ini, mobil akan bisa mencari parkir sendiri secara otomatis.

Anda masih ingat dengan adegan film James Bond: Die Another Day,ketika adegan James Bond mengontrol mobil yang dikendarai lewat sebuah telepon seluler? Adegan tersebut memang sudah usang. Namun, sedikit banyak masih menjadi sumber inspirasi dalam pengembangan teknologi terkini dunia automotif.

Salah satu pendekatan yang sama dengan adegan tersebut tengah dikembangkan Mercedes-Benz, Bosch, dan Car2Go. Bedanya, teknologi yang akan mereka kembangkan tersebut ditingkatkan lebih baik lagi. Teknologi yang mereka kembangkan itu akan membuat mobil jadi lebih canggih.

Anda tidak akan memerlukan lagi jasa valet jika mobil Mercedes-Benz yang Anda miliki sudah mengadopsi teknologi tersebut. Nantinya mobil itu mampu mencari ruangan parkir dengan otomatis dan kembali lagi ke pemiliknya dengan berjalan sendiri setelah pengemudi selesai menggunakan jasa parkir. Prinsip teknologi ini memang sangat mirip dengan jasa valet.

Seperti valet, Anda terlebih dulu harus memarkirkan mobil yang Anda kendarai di sebuah ruangan khusus. Begitu sampai di ruangan, Anda baru bisa meninggalkan mobil tersebut begitu saja. Setelah keluar dari mobil, Anda tinggal menyerahkan semuanya kepada mobil milik Anda. Untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya, Anda akan dibekali dengan sebuah telepon seluler.

Lewat layar telepon seluler itu, Anda akan melihat semua pergerakan mobil saat mencari ruangan parkir. Begitu terdapat ruang kosong, mobil dengan otomatis memarkirkan kendaraan. Tanpa bantuan apa pun dari Anda, mobil akan menyesuaikan ukuran mobil dengan ruangan parkir yang tersedia.

Hal yang sama juga dilakukan saat Anda ingin kembali ke mobil. Anda tinggal menunggu mobil itu di ruangan tempat Anda pertama kali keluar dari mobil. Setelah itu, Anda tinggal menekan tombol panggil. Lalu dalam waktu yang tidak lama mobil akan menghampiri Anda ke ruang tunggu.

Nah, mirip dengan apa yang dilakukan petugas valetkan? Nah, masalahnya tidak semua lahan parkir bisa Anda maksimalkan dengan teknologi ini. Mercedes-Benz tengah mengadakan kerja sama dengan Bosch untuk pembangunan infrastruktur parkir pintar.

Nantinya, selain menyediakan sensor generasi terbaru di mobil-mobil Mercedes-Benz pilihan, Bosch juga akan memasang sensor khusus di ruanganruangan parkir agar mobil tersebut bisa parkir sendiri. Selanjutnya, Bosch akan menambahkan unit komunikasi dalam kendaraan, yang dapat memantau proses parkir.

Bosch juga sedang mengembangkan bersama dengan Daimler terkait interface-nya menyesuaikan komponen kendaraan yang sudah ada. Daimler akan menyesuaikan sistem sensor dan perangkat lunak dalam kendaraan car2go dan memungkinkan inovasi masa depan untuk car-sharingmodel milik car2go.

“Pada masa depan, bahkan mobil pun akan mendatangi mereka,” sebut Prof Dr Thomas Weber, anggota dewan Daimler AG, yang bertanggung jawab dalam Group Research & Mercedes-Benz Cars Development.

“Bagi kami, ini adalah langkah lanjutan untuk menuju kemudi otomatis (otonomos), dengan kata lain menuju parkir otomatis,” sebutnya.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6975 seconds (0.1#10.140)