Segarkan Mobil Pascamudik

Kamis, 23 Juli 2015 - 10:45 WIB
Segarkan Mobil Pascamudik
Segarkan Mobil Pascamudik
A A A
SEPERTI tubuh manusia yang memerlukan penyegaran setelah bekerja keras, mobil juga membutuhkan penyegaran. Apa saja yang harus diberikan kepada mobil Anda pascamudik tahun ini?

Perjalanan mudik sangat melelahkan bagi Anda. Jarak ratusan kilometer harus Anda tempuh. Tidak jarang bahkan mencapai ribuan kilometer ketika Anda kembali dari mudik. Belum lagi kemacetan panjang yang terjadi di beberapa titik. Jadi, wajar sekali jika Anda merasa lelah. Seperti Anda, mobil yang Anda kendarai juga pasti merasa lelah.

Memang sebelum mudik mobil terlebih dulu sudah diservis. Namun, perjalanan yang intens, melelahkan, dan medan kerusakan jalan yang bervariasi dapat memungkinkan mobil mengalami beberapa gangguan. Nah, setelah Anda kembali dari mudik terlebih dulu, pastikan mobil Anda segar kembali. Sebab, saat ini di Ibu Kota, kendaraan pribadi merupakan kendaraan sehari-hari yang digunakan untuk beraktivitas.

Lalu apa saja yang perlu Anda lakukan untuk membuat mobil kembali segar. Jika Idul Fitri bisa menyucikan manusia, maka setelah Lebaran dan mudik, ”dalaman” mobil juga perlu disucikan. Sesampainya Anda di rumah, segeralah membersihkan eksterior mobil. Mulai dari cuci bersih seluruh permukaan bodi, termasuk bagian roda dan kolong mobil.

Bila debu atau kotoran dibiarkan terlalu lama menempel di bodi mobil, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body menjadi kusam. Dan tak lupa, perhatikan pula apakah ada bagian dari eksterior mobil yang rusak atau baret setelah menempuh perjalanan jauh. Apabila ada, segera bawa ke salon mobil kepercayaan Anda agar kondisi eksterior mobil bisa kembali sempurna.

Setelah Anda selesai membenahi sisi eksteriornya, bagian interior mobil juga patut diperhatikan kebersihannya. Gunakan lap atau penyedot debu untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan dasbor, doortrim , maupun plafon mobil Anda. Pastikan Anda mencuci bersih bagian karpet mobil dari kotoran yang menempel. Buang semua sisa-sisa bungkus makanan yang mungkin masih tertinggal di dalam mobil.

Bila bagian interior dibiarkan terlalu lama dipenuhi kotoran, maka akan meninggalkan bau tak sedap. Setelah bagian eksterior dan interior Anda telah selesai bereskan, jangan pernah melupakan bagian jantung mekanis. Mesin mobil sudah bekerja keras ketika digunakan mudik Lebaran, karena itu cek secara saksama bagian ini.

Periksa ketinggian air di radiator, aki, hingga washer wipper . Jika berkurang atau habis, segera tambahkan dengan air yang sesuai untuk masing-masing kebutuhan. Periksa juga kuantitas oli mesin, oli power steering , minyak rem, dan oli kopling. Lakukan penggantian oli-oli tersebut meskipun belum memasuki jadwal servis rutin.

Itu karena mesin yang telah bekerja dengan berat selama perjalanan mudik bisa kembali segar jika dilakukan penggantian oli. Bagian inilah paling sakral bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik Lebaran. Apalagi kontur jalan lintas daerah terkadang tidak semulus Ibu Kota.

Banyak lubang yang menganga, bebatuan, hingga permukaan jalan yang masih berupa tanah bisa membuat sistem suspensi mobil Anda bekerja ekstra saat dipakai mudik Lebaran. Karenanya, cek kondisi suspensi, per, shock absorber, as roda, bearing, tieroad, ball join , hingga gardan.

Periksa dengan saksama apakah ada tanda-tanda terjadi benturan di komponen tersebut atau terdengar suara-suara aneh yang muncul. Selain suspensi, bagian velg dan ban juga perlu Anda perhatikan pascamenjalani mudik Lebaran. Pastikan Anda juga memeriksa apakah keadaan velg masih sama seperti sebelum Anda berangkat mudik. Perhatikan pula kondisi ban, apakah ada bagian yang robek, menggumpal atau benjol, sekaligus mengecek apakah berkurang tekanan anginnya.

Jangan lupakan juga periksa bagian rem seperti cakram rem, kampas rem, atau kaliper. Bersihkan pula cakram rem dari semua kotoran agar sistem pengereman roda mobil Anda kembali optimal.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6151 seconds (0.1#10.140)