Menunggu Keajaiban Mazda

Kamis, 23 Juli 2015 - 10:50 WIB
Menunggu Keajaiban Mazda
Menunggu Keajaiban Mazda
A A A
MOBIL-MOBIL komersial ringan dan kabin ganda semakin menarik perhatian. Setelah Nissan Navara, Ford Ranger, Toyota Hilux Revo, dan Mitsubishi Strada Triton. Kini giliran Mazda BT-50 mencoba tampil berbeda.

Persaingan di kelas pikap semakin memanas. Setelah generasi terbaru Nissan Navara, Ford Ranger, Mitsubishi Strada Triton, dan Toyota Hilux Revo meluncur, kini giliran kelahiran Mazda BT-50 yang siap membuat kejutan. Mazda memang belum resmi meluncurkan mobil kabin ganda tersebut. Mereka sebelumnya lebih getol mengirim gambar-gambar spyshot.

Baru minggu lalu Mazda akhirnya menampilkan satu gambar asli wujud BT-50 terbaru. Seperti dilansir dari Worlcarfans, Jumat (17/7), Mazda BT-50 memang tidak banyak berbicara tentang revisi desain. Perubahan eksterior hanya terlihat di lampu depan. Grillepun dibuat lebih mendekati dengan desain grilledi mobil-mobil Mazda terbaru, seperti Mazda2, Mazda CX-5, dan Mazda6, yakni sayap terbang Mazda.

Seperti terlihat di gambar yang muncul, tak tampak penampilan di bagian belakang. Namun, lampu belakang telah menerima sedikit perubahan dengan memberikan sentuhan warna merah cherry. Sayangnya untuk kondisi kabin tidak ada informasi detail. Pastinya pihak Mazda akan mendapat penyempurnaan dengan kualitas tinggi.

Mazda juga menambahkan kamera spion untuk daftar barang yang tersedia. Adapun sektor dapur pacu, Mazda BT-50 masih menggunakan dua mesin yang sama, yakni mesin 4- silinder 2.2-liter turbo diesel dengan tenaga 160 PS (118 kW) dan 385 Nm (284 lb-ft) dan mesin 3,2 liter turbo ganda yang mampu mendorong tenaga 200 PS (147 kW) dan 470 Nm (£ 347-ft).

Seperti yang dilakukan pada faceliftedFord Ranger. Seluruh tenaga tersebut akan disalurkan ke empat roda melalui transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Namun, Mazda sudah mengonfirmasi bahwa mobil kabin ganda ini tidak akan mengaplikasikan teknologi ajaib mereka, SKYACTIV.

Sangat disayangkan memang mengingat teknologi SKYACTIV yang dimiliki Mazda terbukti andal. Bahkan, SKYAKTIV-D yang bermesin diesel sangat digemari karena tenaga yang besar dan efisiensinya yang mumpuni. Meski demikian, masih ada harapan jika Mazda akan mengaplikasikan beberapa teknologi keren yang mereka miliki ke Mazda BT-50.

Bisa saja MZD Connect yang kini ada diaplikasikan di Mazda2 baru, Mazda CX-5 baru dan Mazda6 baru juga dipasang di Mazda BT-50. Harapan itu sangat besar mengingat mobil kabin ganda Ford Ranger yang berbagi basis dengan Mazda BT-50 juga dilengkapi sistem infotainmentyang canggih. Saat ini Mazda memang hanya mengonfirmasi akan memasang kamera mundur di Mazda BT-50.

Setidaknya ini bisa jadi langkah awal bagi Mazda untuk berbagi keajaiban teknologi lainnya. Jadi, jangan kaget jika Mazda BT-50 akan memiliki fitur-fitur premium yang biasa ditemukan di mobil-mobil mewah seperti radar cruise control, blind spot monitoring, forward collisionalert,dan lane keep assist. Jika Anda penasaran, mau tidak mau harus sabar dulu karena untuk sementara Mazda BT-50 masih memasuki tahapan produksi di Thailand dan Australia.

Dua negara itu bahkan akan jadi negara pertama yang mendapatkan truk pikap sebelum ketersediaan akan diperluas ke pasar lain.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6645 seconds (0.1#10.140)