Jadi Seorang Ayah Sebabkan Kegemukan

Sabtu, 25 Juli 2015 - 06:05 WIB
Jadi Seorang Ayah Sebabkan Kegemukan
Jadi Seorang Ayah Sebabkan Kegemukan
A A A
CHICAGO - Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Northwestern University, Chicago menyebutkan bahwa menjadi seorang ayah membuat para pria mengalami kegemukan.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian tersebut menemukan bahwa pria akan mengalami peningkatan berat badan yang meningkat pada tahun-tahun awal setelah anak pertama mereka lahir. Mereka akan mengalami kenaikan indeks massa tubuh (IMT) sebanyak 2,6 kg/m2. Sementara, pria yang tidak memiliki anak mengalami penurunan berat badan.

Meski demikian, penelitian yang telah dipublikasikan dalam American Journal of Men's Health ini mengungkapkan, kenaikan berat badan tersebut harus dikontrol. Pasalnya jika tidak, bisa memicu beberapa masalah kesehatan.

"Jika tak terkontrol, peningkatan berat badan ini membuat para ayah baru berisiko mengalami penyakit jantung, diabetes, serta kanker," papar pemimpin studi ini, Dr Craig Garfield.

Craig menjelaskan, kenaikan berat badan ini terjadi karena gaya hidup yang berubah. Umumnya, setelah memiliki anak, para pria cenderung tidak memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri.

"Anda memiliki tanggung jawab baru ketika memiliki anak. Mungkin Anda cenderung menjadi tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri seperti sebelumnya, misalnya dalam hal berolahraga. Selain itu, ayah juga biasanya juga suka menghabiskan sisa-sisa makanan anaknya," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4266 seconds (0.1#10.140)