Produk Unik Xiaomi

Selasa, 28 Juli 2015 - 08:48 WIB
Produk Unik Xiaomi
Produk Unik Xiaomi
A A A
Xiaomi merancang smartphone yang secara harfiah mampu mengguncang dunia. Mereka juga mengembangkan software MIUI yang sangat baik. Ada juga aksesori seperti power bank, wi-fi router, serta gelang pintar.

Tapi, sky is the limit bagi perusahaan asal Tiongkok yang baru berusia 5 tahun itu. Sebab, mereka berusaha menaklukkan bidang industri baru: home appliance yang dipadukan dengan teknologi internet of things.

Pada Desember 2014 silam mereka merilis air purifier (permbersih udara), untuk menjawab kebutuhan akan udara bersih di kota-kota besar China seperti Beijing yang tingkat polusinya sudah sangat tidak sehat.

Selanjutnya, perusahaan bernilai USD45 miliar itu juga baru saja merilis MI TV 2S berukuran 48 inci dengan tebal hanya 9.9 mm atau supertipis. Harganya luar biasa murah, hanya USD483, atau USD644 untuk edisi Theatre yang sudah termasuk sound system. Didalam TV-nya ada konten rancangan Xiaomi yang kabarnya dikembangkan dengan biaya USD1 miliar.

”Kami butuh setahun untuk mengembangkan Mi TV 2S. Targetnya adalah keluarga muda. Standar bahan baku dan teknologi terbaik di kelasnya,” ungkap CEO dan co-founder Lei Jun. Yang lebih unik adalah penjernih air Mi Water Purifier seharga USD209 yang hanya ada di China.

Produk tersebut memungkinkan air keran bisa diminum. Dilabeli “smart” karena terhubung dengan jaringan Mi Home, dimana konsumen bisa langsung mengecek, serta mengatur lewat ponselnya. Xiaomi juga memiliki produk untuk mengecek tekanan darah bola lampu, dan beberapa perangkat lain yang terhubung ke jaringan atau smartphone.

Dengan harga yang murah dan teknologi canggih, rupanya internet of things adalah target Xiaomi selanjutnya. Mereka tidak hanya puas mendunia lewat smartphone. Dalam beberapa tahun kedepan bukan tidak mungkin produk dan solusi atau ekosistem internet of things Xiaomi juga ikut mendunia.

Danang Arradian
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9018 seconds (0.1#10.140)