Manfaat Vitamin A

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:10 WIB
Manfaat Vitamin A
Manfaat Vitamin A
A A A
Mengoptimalkan perkembangan janin

Vitamin A merupakan vitamin yang sangat mudah larut di dalam lemak dan air. Karena itu, dengan mengonsumsi vitamin A yang cukup juga akan membantu perkembangan si janin. Vitamin A sangat membantu dalam perkembangan mata, organ mata, tulang, dan kesehatan kulit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan senyawa retinil palmitat dan retinil asetat, vitamin A mampu mencegah infeksi yang ditimbulkan oleh organisme kecil merugikan (parasit). Misalkan saja bakteri yang masuk melalui saluran pernapasan.

Mencegah penuan dini

Mengonsumsi vitamin A secara teratur juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit Anda. Biasanya penuaan dini ini akan terlihat jika usia Anda sudah mencapai 20 tahunan. Penuan dini dapat diatasi menggunakan retinol (vitamin A). Mengapa? Sebab, vitamin A dapat meresap ke dalam kulit dan akan menyamarkan serta memperbaiki kerutan dan garis-garis halus di kulit.

Mencerahkan kulit

Selain untuk mencegah penuan dini, vitamin A juga berefek sebagai pencerah kulit. Jika retinol ini dikombinasikan dengan Alpha Hydroxyacid (AHA) juga bisa memberikan kelembapan pada kulit. Kekurangan vitamin A dapat menghambat dan menurunkan fungsi kelenjar-kelenjar kulit dalam memproduksi mucus, yang sangat berguna bagi kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan mata

Kalau yang satu ini kita pasti sudah tahu. Fungsi utama vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A adalah zat gizi penting yang berperan dalam proses menjaga, melindungi, dan meningkatkan kualitas mata. Penelitian juga sudah banyak yang membuktikan bahwa kebanyakan penyebab dari kebutaan adalah minim atau kurangnya asupan vitamin A bagi tubuh pada saat kanak-kanak.

Novi/berbagai sumber
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5895 seconds (0.1#10.140)