Tips Rangsang Perkembangan Otak Masa kehamilan

Rabu, 29 Juli 2015 - 08:37 WIB
Tips Rangsang Perkembangan Otak  Masa kehamilan
Tips Rangsang Perkembangan Otak Masa kehamilan
A A A
Kesehatan ibu sebelum hamil sangat penting untuk pertumbuhan bayi dan otak bayi. Nutrisi yang baik, menghindari alkohol dan obat-obatan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk janin yang dikandung.

Makanan yang mengandung Omega 3 atau DHA sangat baik untuk perkembangan otak bayi, terutama pada kehamilan bulan ke-7 hingga masa menyusui. Ketika bayi dilahirkan. Bayi dilahirkan dengan lebih dari 100 miliar sel otak. Selsel ini membantu mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh, misalnya pernapasan sampai dengan fungsi yang lebih kompleks seperti fungsi intelektual.

Sepanjang masa pertumbuhan anak, terjadi koneksi antar 100 miliar sel-sel ini. Koneksi terjadi ketika anak mengalami sesuatu yang baru dengan melibatkan indera mereka. Menimang, berbicara, senyum, dan memperkenalkan bayi pada pandangan, bau, dan rasa baru dapat menstimulasi koneksi sel-sel otak.

Semakin banyak pengalaman ini diulang, semakin kuat koneksi yang terbentuk. Hanya pengalaman yang positif yang membantu perkembangan otak anak, sedangkan pengalaman negatif dapat menyebabkan masalah emosional, perilaku, dan pembelajaran. Pada sekitar umur 3 tahun, koneksi antarsel ini paling banyak terjadi.

Larissa
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6581 seconds (0.1#10.140)
pixels