Si Tampan dari India

Kamis, 30 Juli 2015 - 08:16 WIB
Si Tampan dari India
Si Tampan dari India
A A A
HYUNDAI memasuki segmen crossover dengan meluncurkan Hyundai Creta di Indonesia. Mobil special utility vehicle (SUV) ini memiliki tampilan keren dan teknologi yang cukup mumpuni untuk bersaing dengan crossover lainnya.

Pasar mobil crossover semakin meriah. Setelah Honda mengeluarkan HR-V, Mitsubishi memiliki Outlander Sport, dan Nissan percaya diri dengan Nissan Juke, kini Hyundai memasuki pasar tersebut dengan Hyundai Creta. Cukup mudah bagi Hyundai membuat Hyundai Creta.

Sebab, saudara sekandung mereka, KIA, sudah terlebih dulu memiliki SUV berukuran kecil atau crossover, yakni KIA Soul. Hyundai tinggal mengambil platform KIA Soul dan mengembangkannya dengan gaya mereka sendiri. Hyundai Creta memang sangat mewakili gaya Hyundai dalam membuat mobil. Desain mobil ini begitu kaya garis-garis tajam dan tegas.

Sekilas Anda mungkin akan merasa jika mobil ini terlihat begitu mirip dengan Hyundai Santa Fe. Bedanya pada ukuran saja yang jauh lebih kompak. Seperti Hyundai Santa Fe, Hyundai Creta juga mengusung bahasa desain fluidic sculpture yang membuat mobil terlihat begitu dinamis, sekaligus kokoh.

Grille Hyundai Creta dengan tiga bilah krom terpadu apik dengan desain lampu utama khas Hyundai. Di bagian lampu utama, Hyundai memasang ornamen lampu yang sekilas seperti daytime running light LED. Nyatanya, lampu tersebut tidak aktif sepanjang mobil berjalan. Anda bisa mematikan dan menghidupkannya dengan cara menekan tombol.

Sisi modernitas juga terlihat pada pemasangan antena sirip hiu. Begitu juga dengan hadirnya roof rail yang menguatkan sisi fungsionalitas SUV berukuran kompak tersebut. Bagian buritan Hyundai Creta begitu menggoda karena didesain kokoh. High mountain stop lamp dan lampu belakang didesain apik.

Bagian ini begitu menggoda karena dipadukan dengan diffuser berwarna senada dengan body mobil. Namun, ada garnish krom di bagian atas plat nomor mobil yang sedikit mengganggu tampilan belakang. Masuk ke interior mobil ini, sekali lagi sangat Hyundai. Kualitas materialnya terjaga dan tomboltombol yang ada di dasbor tertata rapi.

Palang kemudi telah memiliki audio steering switch sehingga Anda tidak perlu repot lagi menjangkau bagian dasbor untuk mengaktifkan fitur-fitur hiburan. Untuk hiburan, Hyundai menyediakan layar sentuh berukuran 5 inci yang bisa menampilkan hiburan dan navigasi.

Nah yang menarik dari bagian interior adalah posisi mengendara yang cukup tinggi. Posisi ini sangat menguntungkan bagi sebuah SUV berukuran kompak karena Anda akan lebih percaya diri dalam mengendarai mobil tersebut. Selain itu, kaca depan dan samping terkoneksi dengan baik karena pilar A dibuat dengan proporsi yang ideal.

Dengan begitu, pandangan Anda keluar jadi luas dan lapang. Sayangnya, kontrol ke kaca belakang sedikit kurang karena kaca di bagian ini dibuat tidak begitu besar. Mirip-mirip dengan masalah yang ada di Range Rover Evoque dengan kaca belakang yang kecil. Soal fitur berkendara, mobil ini cukup menggoda karena sudah dilengkapi dengan electronic stability control .

Transmisi otomatisnya juga sudah diberikan opsi triptronic . Untuk mesin, Hyundai Creta memiliki tiga pilihan, yakni mesin bensin 1.600 cc dan 1.400 cc, serta pilihan mesin diesel berkapasitas 1.600 cc. Semua mesin bensin diberikan transmisi manual enam percepatan.

Hyundai memosisikan Hyundai Creta sebagai SUV global. Meskipun perdana dan sudah diluncurkan di India, bisa saja mobil ini masuk ke Indonesia mengingat gurihnya pasar crossover atau small SUV di negara ini.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7460 seconds (0.1#10.140)