Obat Kumur Sempurnakan Kesehatan Gigi

Senin, 03 Agustus 2015 - 11:30 WIB
Obat Kumur Sempurnakan...
Obat Kumur Sempurnakan Kesehatan Gigi
A A A
JAKARTA - Menyikat gigi dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun menurut pakar kesehatan, menyikat gigi tak cukup menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Bahkan, menyikat gigi hanya membersihkan 25% rongga mulut dan tak menjamin sela gigi dan gusi terbebas dari sisa makanan. Padahal, sisa makanan bisa menjadi bakteri. Oleh karena itu, untuk menyempurnakan gunakanlah obat kumur setelah menyikat gigi.

"Bagian mulut itu tak hanya terdiri dari gigi. Sikat gigi itu wajib, tetapi akan lebih sempurna jika kita berkumur-kumur, karena dalam gigi ada penumpukan plak," papar Prof Dr Drg Tri Erri Astoeti, MKes, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti di Jakarta.

Lebih lanjut Erri menjelaskan, plak merupakan endapan lunak yang menutupi serta melekat pada permukaan gigi dan terdiri atas aneka ragam bakteri. Parahnya, plak bisa merusak kesehatan gigi.

"Karena si bakteri ini, karies bisa muncul. Pas bakteri ada di gigi kita akan terasa asam dan gigi jadi berlubang. Plak juga bisa menjadi karang gigi. Lama kelamaan, karang gigi akan menyebabkan radang gusi," jelasnya.

Namun, masih banyak yang tidak menyadari dampak dari penyakit gigi. Menurut Erri, penyakit ini bisa menyebabkan stroke dan jantung. Sementara untuk penggunaan obat kumur dilakukan dua kali sehari.

"Untuk menyempurnakan perawatan gigi dan mulut, disarankan untuk menggunakan obat kumur dua kali sehari setelah menyikat gigi. Menyikat gigi disertai menggunakan obat kumur itu dapat menyempurnakan perawatan gigi untuk menghindari penumpukan plak," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)