Internet Sebagai Mesin Waktu

Selasa, 04 Agustus 2015 - 09:24 WIB
Internet Sebagai Mesin Waktu
Internet Sebagai Mesin Waktu
A A A
Penulis buku Marchella FP menggunakan internet sebagai mesin waktu. Riset untuk menulis buku Generasi 90-an yang laris manis di pasaran, ia lakukan lewat internet. Generasi 90-an memang berisi segala hal tentang generasi 90-an.

Mulai dari cerita hingga gambar-gambar benda ikonik di era tersebut yang dibuat dengan desain grafis dan visual yang menarik serta mirip dengan aslinya. ”Harus aku akui bahwa internet ngebantu banget dalam mengerjakan buku ini. Gimana enggak, sulit sekali nemuin benda-benda terkenal di era 90-an.

Mau nggak mau ya segala macam hal yang kini terbilang jadul mesti dicari kewat internet,” tutur Marchella, yang bercerita bahwa buku ini awalnya adalah tugas akhir kuliahnya di Desain Komunikasi Visual, Binus University. Namun, Marchella mengaku tidak hanya mengandalkan Google.

Ia harus mengunjungi tiap blog atau halaman forum komunitas yang juga membahas era 90-an guna bertukar informasi. “Sering banget kejadian foto barangnya tuh ketemu di internet. Tapi karena kualitasnya low rate jadi mau nggak mau ya kita nggak bisa simpan.

Tapi harus dengan aku repro atau gambar ulang. Misalnya, foto topi Tersayang yang dulu hits banget lewat Anjasmara dan Jihan Fahira,” tutur Marchella. Jadi Marchella tidak hanya bergantung kepada materi fisik seperti majalah dan benda asli dari era 90-an saja, melainkan juga materi digital yang diperoleh di internet.

YouTube pun tak luput jadi bagian dari perangkat ”mesin waktu” Marchella. Misalnya, saat ia mencari klip video dari penyanyi cilik maupun dewasa serta adegan dari tayangan televisi di era 90-an.

“Tidak hanya sampai disitu, materi yang sudah terkumpul pun terus kita update. Salah satunya lewat sosial media seperti akun Instagram Generasi 90an. Disitu kita pakai buat promosi sekaligus berkomunikasi dengan komunitas 90-an. Soalnya mereka itu penting sebagai sumber materi kita.

Seringkali justru mereka juga yang kasih saran atau request untuk bahas hal dari era 90-an yang mungkin terlewat buat kita bahas,” tandas gadis cantik ini.

Cahyandaru Kuncorojati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)