Buktikan Teknologi Big Data

Selasa, 04 Agustus 2015 - 09:26 WIB
Buktikan Teknologi Big Data
Buktikan Teknologi Big Data
A A A
Platform analisis big data dan digital delivery yang dibangun oleh Dimenson Data untuk ajang balap sepeda Tour de France berjalan dengan baik.

Sejak lomba dimulai pada 4 Juli dan berakhir 27 Juli 2015, Dimension Data memproses sekitar 4 juta hingga 6 juta record setiap stage lomba, sehingga publik dapat mengikuti 198 pembalap dari 22 tim secara real-time.

Data dengan akurasi tinggi dikumpulkan melalui penggunaan alat live trackers atau transponder yang dipasang dibawah jok masingmasing pembalap. Dimension Data kemudian memproses dan menganalisa datadata tersebut, dan menyajikannya kepada para penggemar, komentator, stasiun televisi dan para awak media.

Beberapa informasi yang dapat diketahui adalah kecepatan dari sepeda masing-masing pembalap, posisi secara tepat pembalap dalam balapan di antara pembalap lainnya, serta jarak antar pembalap.

Dulu, untuk mengetahui kecepatan pembalap dilakukan dengan mengira-ngira kecepatan kendaraan pengawal yang berada di depannya. “Solusi analisa real-time yang kami ciptakan ini membuat lomba menjadi lebih menarik dan nyaman untuk diikuti oleh segenap pemirsa Tour de France,” ujar Hendra Lesmana, Chief Operating Officer Dimension Data Indonesia.

Tercatat sebanyak 663,912 pengunjung mengakses informasi yang ditampilkan di website berbasis beta live tracking sejak website ini mulai diaktifkan. Jumlah unique visitor (pengunjung dari satu IP) tertinggi dalam satu hari bahkan mencapai 74,607 pengunjung.

Hal ini masih jauh dari kapasitas kemampuan website live tracking yang dirancang sanggup mendukung 17 juta pengunjung dan 2.000 halaman per detik.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5043 seconds (0.1#10.140)