20 Finalis Toyota Eco Youth Berhasil Tuntaskan Proyek

Kamis, 06 Agustus 2015 - 07:46 WIB
20 Finalis Toyota Eco Youth Berhasil Tuntaskan Proyek
20 Finalis Toyota Eco Youth Berhasil Tuntaskan Proyek
A A A
SEBANYAK 20 sekolah, baik tingkat SMA maupun SMK, yang menjadi finalis Toyota Eco Youth(TEY) ke-9 berhasil menuntaskan realisasi proyek lingkungan hidup dan memperoleh penilaian dari dewan juri.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, terpilih masing-masing tiga pemenang untuk setiap kategori yang terdiri atas kategori sciencedan kategori sosial, serta satu pemenang lainnya yang merupakan Best of The Best. Pemenang Best of The Bestyang diraih SMAN 19 Bandung akan mendapatkan hadiah tambahan berupa pelatihan tentang lingkungan di Jepang. Dengan demikian, total hadiah yang diberikan dalam program TEYke-9 ini mencapai Rp660 juta.

TEY merupakan lomba berbasis lingkungan bagi siswa SMA dan sederajat yang diselenggarakan oleh Toyota Indonesia yang terdiri dari Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami menyebutkan keberhasilan TEYke-9 yang terlaksana dengan baik adalah berkat kerja sama antara Toyota Indonesia, jaringan dealer Toyota di seluruh Indonesia, teman-teman media serta dukungan dan partisipasi aktif sekolah, dewan juri, dan tentunya pemerintah Indonesia.

“Harapan kami, program Toyota Eco Youth ini juga dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif, dan pendidikan dengan wawasan terhadap lingkungan, untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik pada masa depan,” ujar Nonami. TEY merupakan komitmen Toyota Indonesia untuk berperan serta membangun generasi muda dalam hal pelestarian lingkungan hidup melalui kompetisi dengan meningkatkan kesadaran dan peran aktif mereka.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota- Astra Motor Suparno Djasmin menyebutkan bahwa pada tahun ini animo para siswa terhadap lomba TEY semakin meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Kompetisi TEYkali ini jauh lebih ketat dengan peningkatan jumlah peserta menjadi 3 kali lipat dari tahun lalu,” katanya.

Suparno menyebutkan, TEY bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan bagi generasi muda karena pada kenyataannya, pembangunan lingkungan hidup terkait dengan aspek yang luas sehingga menuntut kreativitas yang tinggi. TEY ke-9, Suparno menyebutkan, berhasil menjaring proyek-proyek berkualitas dari generasi muda Indonesia.

Karena itu, kita perlu bangga terhadap generasi muda Indonesia, khususnya kepada peserta TEY ke-9 yang memiliki potensi cemerlang untuk menorehkan ide yang inovatif untuk menyelamatkan lingkungan agar hidup semakin sehat dan bersih. Jumlah proposal yang masuk mencapai 1.709 proposal, yang kemudian diseleksi oleh dewan juri dan 20 di antaranya berhak menjadi finalis yang terdiri dari 12 proyek sciencedan 8 proyek sosial.

Para finalis diberi kesempatan untuk mengikuti workshopuntuk merealisasikan proposal mereka dengan mendapat bantuan dana dan bimbingan dari Toyota Indonesia.

Anton c
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1065 seconds (0.1#10.140)