Kontrol Keamanan di Ujung Jari

Kamis, 06 Agustus 2015 - 07:46 WIB
Kontrol Keamanan di Ujung Jari
Kontrol Keamanan di Ujung Jari
A A A
DUNIA automotif semakin tidak asing dengan ponsel pintar. No Doubt mencoba memperkenalkan sistem pengamanan canggih mobil untuk Anda melalui ponsel pintar.

Ponsel pintar dan mobil lahir dari dunia yang berbeda. Uniknya, dua hal tersebut seperti ditakdirkan berjodoh. Saat ini saja beberapa pabrikan mobil di dunia mencoba mengintegrasikan kemampuan ponsel pintar ke dalam mobil yang mereka produksi.

Pengintegrasian tersebut memang masih sebatas pada penggunaan fungsi dasar telepon, akses aplikasi yang ada di ponsel, serta sistem hiburan baik audio maupun visual. Inilah yang membuat PT Rema TipTop Indonesia mencoba pendekatan yang berbeda. Alih-alih menjadikan ponsel pintar sebagai kontrol sistem hiburan dan aplikasi, mereka justru menjadikan ponsel pintar sebagai pusat kendali dari sistem keamanan mobil. Sistem keamanan yang ditawarkan oleh sistem ini sangat variatif. Ada yang sifatnya sangat dasar hingga yang paling rumit.

Anda bisa menyalakan dan mematikan mobil yang sudah terpasang No Doubt Smart Control. Begitu juga dengan membuka dan menutup pintu. Sementara yang paling rumit, di antaranya adalah merekam pembicaraan dalam kabin, GPS tracking , mengidentifikasi adanya perusakan kendaraan hingga sistem pengawasan semacam black box yang ada di pesawat.

“Ada lebih dari 52 fitur canggih yang bisa didapat konsumen dengan mengaplikasikan smart control system ini dan semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ini sebenarnya adalah teknologi untuk mobil-mobil masa depan yang baru akan diperkenalkan oleh ATPM ataupun pabrikan mobil beberapa tahun mendatang,” ucap Henson Burhan, General Manager PT Rema TipTop Indonesia. Uniknya semua fitur tersebut dikirimkan melalui smartphone yang terdaftar.

Anda pun tinggal mengontrolnya seperti Anda memainkan aplikasi-aplikasi basic yang memang ada di ponsel pintar Anda. Bayangkan, sistem kontrol keamanan mobil seluruhnya ada di ujung jari Anda. Cara kerja sistem ini memang berawal dari prosesor yang ditanamkan oleh PT Rema TipTop Indonesia. Prosesor ini menerima seluruh data yang dikirimkan oleh ponsel pintar.

Menariknya, sinyal yang digunakan oleh No Doubt Smart Control masih berupa sinyal sederhana, yakni GSM. “Nah aplikasinya sendiri harus diunduh terlebih dulu dan sudah tersedia di Playstore dan iOs,” ujar Henson. Dia melanjutkan pemasangan prosesor di mobil sendiri tidak memutus kabel yang ada di mobil. Jadi, pemilik mobil tidak perlu khawatir garansi yang ada terancam hangus.

Masuk ke Segmen Mobil Luxury

Sejak diperkenalkan dua tahun yang lalu, No Doubt Smart Control mendapatkan respons yang sangat baik. Respons yang tinggi datang dari mobil-mobil yang memang ingin tampil lebih modern.

Ambil contoh digantinya kunci kontak konvensional menjadi tombol start stop sebagai konsekuensi dipasangnya No Doubt Smart Control. Meski digemari oleh mobil-mobil nonluxury, bukan berarti sistem ini tidak berguna buat mobil di segmen tersebut. Buktinya PT Rema TipTop merilis versi terbaru No Doubt Luxury yang dikhususkan buat kendaraan Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

“Mengapa kami menyasar kedua produk tersebut karena tipe mobil ini yang paling banyak diminta konsumen untuk dibuatkan kontrol khusus. Sistemnya sebenarnya sama saja dengan produk NDSC yang ada sebelumnya. Hanya, ada penambahan beberapa fitur lagi dari total 52 fitur yang sudah ada sebelumnya, kini hampir mencapai 70 fitur,” ujar Henson.

Meskipun produknya belum diluncurkan secara resmi, Henson melanjutkan bahwa mereka memang sengaja membawa produk khusus untuk Toyota Alphard dan Vellfire karena memang populasinya juga cukup banyak. “Populasi yang banyak itu rata-rata banyak yang dijadikan armada taksi premium, ataupun moda transportasi privat sewaan,” sebutnya.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8917 seconds (0.1#10.140)