Lagi, Peretasan Mobil Kembali Terjadi

Minggu, 16 Agustus 2015 - 12:07 WIB
Lagi, Peretasan Mobil Kembali Terjadi
Lagi, Peretasan Mobil Kembali Terjadi
A A A
Aksi meretas atau hacking mobil kembali terjadi. Aksi ini bahkan semakin sering dilakukan seiring aksi peretasan mobil listrik Tesla dan Jeep Cherokee. Untungnya aksi ini bukanlah aksi kejahatan, melainkan masih seputar kampanye betapa rentannya teknologi modern yang ada di mobilmobil mewah.

Kali ini mobil yang kena retas adalah Chevrolet Corvette pada tahun 2013. Peretasnya adalah para peneliti dari University of Califonia San Diego. Mereka sendiri berhasil menyabotase sistem pengereman yang ada di mobil tersebut lewat jarak jauh. Karena sistem pengereman yang berhasil mereka intervensi, maka kampanye yang mereka usung adalah Fast and Vulnerable.

Artinya, meski kencang dan berteknologi tinggi, mobil ini sangat rentan dari sisi keamanan. Cara peretasan yang mereka lakukan adalah dengan masuk ke sistem OBD-II yang ada di Chevrolet Corvette. Hebatnya, mereka mengawali sabotase mobil dengan cara mengirimkan SMS ke sistem OBD-II yang ada di Chevrolet Corvette.

SMS tersebut, menurut Autoblog, dapat terkoneksi dengan sistem CAN milik Chevrolet Corvette. Parahnya sistem tersebut merupakan pusat koneksi dari kontrol unit elektrik yang menjalankan beberapa fungsi mobil seperti kontrol pengereman dan wiper mobil.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7316 seconds (0.1#10.140)