Tiga Keunggulan TV LG 4K UHD

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:39 WIB
Tiga Keunggulan TV LG 4K UHD
Tiga Keunggulan TV LG 4K UHD
A A A
Sejak masuk Indonesia dua tahun silam, TV 4K Ultra HD semakin populer. Sebutan 4K yang merujuk pada resolusi 3840 x 2160 piksel yang 4 kali lebih tinggi ketimbang Full HD yang 1920 x 1080 piksel menjadi daya tarik utama bersanding dengan sejumlah fitur pintar yang menyertainya.

Tak heran bila kemudian semakin banyak pabrikan yang menawarkan 4K UHD TV. Banyak fitur penyerta yang kemudian dibuat untuk menggoda calon pengguna. “Sayangnya, promosi terhadap berbagai fitur tambahan ini tak jarang justru membuat bingung calon pengguna,” ujar Terry Putera Santoso, Head of Product Marketing Home Entertainment PT LG Electronics Indonesia (LG). Berikut, menurut Terry, membedakan LG 4K UHD TV:

1. Panel Layar IPS Ada dua jenis layar UHD TV, yaitu In-Plane Switching (IPS) dan Vertically Aligned (VA). Keduanya memiliki kesamaan kemampuan sub pixels untuk menampilkan tingkat kecerahan 8 bit sehingga warna lebih akurat.

Pembedanya, layar IPS punya spektrum warna lebih luas ketimbang layar VA. Keluasan spektrum warna ini membuat setiap gambar tertampil dengan variasi warna lebih kaya. Lebih dari itu, teknologi layar IPS juga memiliki sudut pandang menonton lebih luas (hingga 178°) dibanding VA.

2. Enam Langkah Upscaling Teknologi 4K UHD TV berjalan lebih cepat daripada ketersediaan konten pendukungnya. Namun, hal ini sebenarnya bukan penghalang. Menurut Terry, setiap TV 4K UHD dari masing-masing pabrikan sudah dilengkapi Upscaling. Fitur tersebut mampu meningkatkan resolusi sumber asal yang lebih rendah menjadi dapat dinikmati dalam nuansa resolusi 4K. Proses tersebut biasanya melewati empat tahapan.

Mulai dari menganalisis data, menghaluskan dan mengoptimasi tampilan warna, sebelum kemudian meningkatkan resolusinya menjadi 4K. Nah, LG menambahkan satu langkah lagi untuk memastikan setiap tayangan hadir dengan detail warna yang kaya.

3. Dukungan Teknologi Tak lantas setiap 4K UHD TV siap menghadapi masa depan. Utamanya terkait kemampuan keterhubungan dengan perangkat lain demi memperluas konten yang dimainkan dan menangkap format siaran TV digital. Soal kesiapan ini, Terry melanjutkan, dapat dilihat dari rangkaian beberapa fitur yang tertanam di dalamnya. Misalnya sambungan 4K HDMI, High Efficient Video Codec (HEVC) yang built-in, serta telah memenuhi standar untuk mendukung siaran TV berbasis digital di Indonesia.

Danang Arradian
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5256 seconds (0.1#10.140)