Menjanjikan, Layanan Live Video

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:39 WIB
Menjanjikan, Layanan Live Video
Menjanjikan, Layanan Live Video
A A A
Konten hiburan dan aplikasi chatting terbukti sangat laris dan bertahan paling lama di Indonesia. Platform layanan live streaming show Cliponyu yang baru setahun muncul di Indonesia mendapat respon sangat positif.

Cliponyu adalah platform yang memadukan media sosial, messenger, serta konten hiburan audio dan video live streaming. Seorang host yang sebagian besar kaum hawa tampil live didepan webcam menyanyi atau melakukan berbagai aksi lainnya yang menghibur, misalnya menjawab chat dari user dan melakukan apa yang diminta oleh user, dengan “tips” tertentu berupa mata uang digital.

Platfotm hiburan semacam ini masih terbilang baru di Indonesia. Baru beroperasi sejak tahun lalu. Namun di negara seperti Korea Selatan dan Jepang situs dengan konten semacam ini sudah lama digandrungi. ”Di Indonesia kami menjadi yang pertama menghadirkan live streaming show. Walau baru, responnya sangat baik, dan menarik banyak user dan host berbakat,” ungkap Project Director Cliponyou Ken Tao.

Ken memaparkan data bagaimana Cliponyou yang berada dibawah naungan raksasa internet Tiongkok Baidu itu begitu diminati user di tanah air. “Di Indonesia user kami sebanyak 3,5 juta. Ada 200 host yang didominasi perempuan dan dengan berbagai bakat dalam dunia hiburan. Kami juga memiliki 50 studio untuk live airing room dan tercatat ada sekitar 2 juta kunjungan ke layanan kami setiap harinya,” papar Ken.

Bahkan, sejak adanya fitur dimana user juga bisa mencoba jadi host, terhitung sudah ada 1.300 user generated content di Cliponyou hanya dalam beberapa bulan. Banyak sekali kaum muda yang tertarik menjadi host. “Mereka bisa menampilkan bakatnya dan menjadi idola karena mereka memiliki banyak fans yang berasal dari user.

Saya menilai Cliponyou sangat tepat digunakan sebagai ajang pamer bakat. Karena itu kami juga memposisikan diri sebagai search talent,” tandas Ken Tao. Ke depannya Ken Tao mengaku akan melakukan pengembangan bakat para hostnya dan menyediakan dukungan untuk para host masuk ke industri musik.

“Kami juga menggelar event ajang pencarian bakat untuk menjadi host kami di spot-spot kalangan muda biasa berkumpul,” ujar Ken Tao. Selain itu, ada pula beragam event menarik. Misalnya Star Chat Surprise dimana user dapat berinteraksi langsung dengan artis yang mengisi event. Terkait koneksi internet dan layanan live streaming show, Ken Tao menyebut tidak ada masalah. “50% dari 3,5 juta user Cliponyou berasal dari perangkat mobile dan kualitas layanannya tetap lancar,” ungkapnya.

Ken Tao juga mengatakan bahwa mobile site dan aplikasi memang menjadi fokus utama Cliponyou mengingat gaya hidup masyarakat Indonesia semakin mobile serta beberapa waktu ke depan koneksi 4G akan benar-benar siap.

Cahyandaru Kuncorojati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5445 seconds (0.1#10.140)