Dampak Posisi Tidur terhadap Kesehatan

Rabu, 19 Agustus 2015 - 09:34 WIB
Dampak Posisi Tidur terhadap Kesehatan
Dampak Posisi Tidur terhadap Kesehatan
A A A
Tidur Telentang

Posisi ini memang bagus untuk menyeimbangkan berat badan, menjaga organ internal agar selaras, dan mencegah nyeri leher dan punggung. Namun, pastikan untuk menaruh bantal di bawah lutut untuk membantu menjaga keselarasan punggung Anda. Telentang tidak direkomendasikan untuk pendengkur karena akan membuatnya lebih buruk. Hindari membaca saat posisi ini.

Tidur Miring

Berbaring dengan posisi janin dengan lutut ditekuk dan bantal berada di antara kaki dapat membantu mengurangi stres dan sakit di punggung. Sangat penting untuk menggunakan bantal untuk menjaga kepala berada dalam posisi netral sehingga kepala tidak akan turun dan memengaruhi postur tubuh. Tidur dengan posisi kiri dapat mengurangi nyeri mulas. Namun, tidur dengan posisi ini dapat berisiko kelengkungan tulang belakang.

Tidur Posisi seperti Yoga Cobra

Kadang-kadang tidur posisi ini dapat mengurangi tekanan di ruang organ, namun diperlukan banyak menggunakan bantal. Tidur dengan posisi telentang dan punggung tegak yang paling berisiko untuk kesehatan tubuh. Menurut Alignment Specialist dari NYC, Jonathan FitzGordon,

“Tidur dengan tekanan di perut merata kurva alam di punggung bawah dan membuat kepala berpaling ke satu sisi sepanjang malam, yang mendistorsi keselarasan tulang belakang dan leher.” Posisi ini juga dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada saraf yang akan menyebabkan kesemutan ketika bangun.

Larissa huda
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6132 seconds (0.1#10.140)