Kecanggihan Dan Keamanan Mobil Premium

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:15 WIB
Kecanggihan Dan Keamanan Mobil Premium
Kecanggihan Dan Keamanan Mobil Premium
A A A
MZD Connect dan i-ACTIVSENSE merupakan keunggulan yang dimiliki mobil-mobil Mazda. Inilah keunggulan yang membuat Mazda setara dengan merek-merek premium.

Integrasi antara ponsel pintar dan teknologi keselamatan kelas tinggi identik atau selalu didominasi oleh mobil-mobil premium. MZD Connect dan i-ACTIVSENSE yang dimiliki Mazda berhasil membuktikan bahwa Mazda sudah berada di level yang sama. MZD Connect adalah fitur yang dapat mengintegerasikan smartphone dengan sistem hiburan didalam kabin mobil.

Fitur ini hadir perdana di Indonesia pada varian All New Mazda2 GT, MZD Connect sekarang juga hadir pada varian Mazda CX-5 dan Mazda6. Tampilan utama pada MZD Connect terdiri dari lima menu utama. Application, Entertainment, Communication, Navigation, dan Setting.

Untuk menjalankan semua fungsi tersebut dapat dilakukan melalui dua cara yakni melalui fungsi layar sentuh, dan Commander Control yang berada di konsol tengah, sementara tombol yang berada di sisi kiri setir dapat digunakan untuk melaksanakan perintah- perintah setelah menu terpilih. Integrasi antara smartphone ke MZD Connect cukup mudah dengan hanya mengaktifkan koneksi Bluetooth.

Dalam menu Entertainment Anda bisa mendengarkan musik melalui berbagai media. Ada radio, internet radio melalui aplikasi AHA Radio dan Stitcher, Bluetooth, USB, CD, dan Auxiliary input. Pada menu Communication, Anda mampu mengontrol fungsi smartphone via Commander Control. Anda bisa membuat panggilan, menerima panggilan, bahkan bisa membaca dan membalas SMS.

Untuk melakukan panggilan, sebaiknya menggunakan fitur Voice Command karena lebih praktis. Selanjutnya ada fitur yang mampu memudahkan Anda dalam berkendara, yaitu Navigation. Pada menu ini Anda bisa mencari alamat, mencari tempat-tempat spesifik seperti restoran, SPBU, ATM dan sebagainya. Hal premium lainnya adalah i-ACTIVSENSE.

Ini adalah teknologi keamanan aktif untuk mendukung dan melindungi pengendara dan pengguna jalan lainnya. Teknologi ini menggunakan radar, laser dan kamera dalam mendukung perangkat keamanannya. Dalam i-ACTIVSENSE terdapat berbagai fitur keamanan seperti Lane-keep Assist System (LAS) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Sistem ini berguna untuk mencegah kendaraan berpindah jalur jika pengemudi sedang tidak fokus berkendara. Ketika ban menyentuh garis putih atau keluar jalur, suara peringatan akan terdengar mengingatkan pengemudi. Selain itu ada Advance Blind Spot Monitoring (A-BSM). Ketika ada kendaraan lain yang menyalip namun tak terlihat, sistem ini akan memberitahukan melalui sinyal di spion kanan dan kiri. Begitupun dengan fitur Smart City Brake Support (SCBS).

Ketika pengemudi lengah dan tidak sempat mengerem, sedangkan ada kendaraan atau objek lain di depan, maka sistem akan membantu dengan mengerem mobil dengan sendirinya secara otomatis selama beberapa detik, sebelum pengemudi harus mengambil alih sistem pengereman. Teknologi lainnya adalah Adaptive LED Headlamps (ALH).

Ini adalah sistem pencahayaan yang dapat menggantikan fungsi lampu jauh atau High Beam Control. Dengan adanya ALH, pencahayaan lampu akan bekerja secara otomatis. Uniknya, ketika ada mobil atau objek lain dari arah berlawanan, beberapa titik lampu multi-LED akan mati sehingga tidak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6189 seconds (0.1#10.140)