Tak Lekang Oleh Waktu

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:19 WIB
Tak Lekang Oleh Waktu
Tak Lekang Oleh Waktu
A A A
Mobil-Mobil Mazda hadir dengan desain yang tak lekang oleh waktu. Setiap mobil memiliki kisah dan keunikannya tersendiri. Seperti apa ceritanya? Saat Mazda MX-5 terbaru dihadirkan ke dunia, publik langsung berdecak kagum.

Roadster kebanggaan Mazda ini langsung menuai pujian karena dianggap berhasil menggabungkan desain KODO atau Soul of Motion ke dalam sebuah mobil sport berukuran kompak yang dinamis. Mazda MX-5 sendiri bukanlah mobil berusia muda. Sejak pertama kali diluncurkan di Chicago Auto Show 1989 kini Mazda MX-5 telah berusia seperempat abad.

Ini tentu bukan usia yang pendek bagi sebuah mobil yang dibuat oleh perusahaan mobil dari Jepang. Kala diperkenalkan pertama kali cukup mudah bagi Mazda MX-5 melesat menjadi mobil sport konvertibel paling sukses dalam sejarah. Jutaan unit mobil ini terjual di tingkat global. Desain mobil ini pun terus mengalir sesuai dengan fillosofi Mazda.

Setiap serinya bahkan tidak pernah menanggalkan bentuk yang sebelumnya begitu mengena di masyarakat. Tentu saja dengan bahasa filosofi KODO atau Soul of Motion dan teknologi SKYACTIV mobil ini mengalami beberapa sentuhan baru. Hal yang sama juga terasa di seri mobil Mazda lainnya yakni Mazda RX. Seri mobil ini pertama kali diperkenalkan di Mazda RX-1 dan merupakan respons atas mobil-mobil sport Amerika yang dianggap terlalu sulit dimiliki karena bandrolnya terlalu mahal.

Dari hadirnya Mazda RX-1 hingga berakhirnya sejarah dinasti tersebut di Mazda RX-8 R Spirit, Mazda selalu menekankan pentingnya desain yang reliable, menarik dan penuh performa. Inilah mengapa mobil-mobil Mazda RX selalu menjadi pilihan masyarakat. Tidak terkecuali insan perfilman Hollywood yang pernah menggunakan jasa Mazda RX-7 dan Mazda RX-8. Misalnya franchise film Fast and Furious. Cerita lainnya adalah Mazda Cosmo.

Mazda telah membuat 4 generasi dari Mazda Cosmo, namun yang paling fenomenal dan dicaricari adalah versi pertamanya. Meskipun diproduksi lumayan lama (5 tahun), Mazda hanya memproduksinya secara terbatas, 1519 unit. Terdiri dari 343 unit untuk seri 1, serta 1.176 unit untuk seri ke-2, membuatnya sama langkanya dengan rekan senegaranya, Toyota 2000GT.

Pada era-nya, Cosmo bisa dibilang salah satu sport car paling gesit yang dibuat dari Jepang pada era 60-an, dimana muscle car dari Amerika serta sport car Eropa seperti Alfa Romeo dan Ferrari masih dijadikan patokan akan mobil yang kencang. Mazda dalam membangun mobil ini selalu memegang prinsip kestabilan handling.

Ya, sama seperti adik-adiknya seperti Mazda RX-7 dan RX-8, Mazda selalu berinovasi dalam sektor sasis dan suspensi. Mazda memasang sistem suspensi de- Dion yang sama dengan sport car Eropa seperti Alfa Romeo yang stabil dipakai dalam tikungan, namun tetap nyaman.

Mazda sendiri, meriset 3 model mesin rotary, baik yang menggunakan rotor tunggal, ganda, tiga sampai empat rotor. Kini Mazda Cosmo pertama semakin diburu dan hanya kolektor-kolektor sejati seperti Jay Leno serta maniak rotary (rotard) saja yang memiliki mobil ini.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0891 seconds (0.1#10.140)