Menatap Masa Depan

Kamis, 20 Agustus 2015 - 09:21 WIB
Menatap Masa Depan
Menatap Masa Depan
A A A
Berawal dari Hiroshima, Jepang, Mazda menjelma menjadi sebuah perusahaan automotif berkelas dunia.Produk-produk Mazda kini hadir di seluruh penjuru dan selalu berinovasi dalam hal kualitas, teknologi dan desain guna menatap masa depan.

Lao Tzu pernah mengatakan bahwa “The journey of a thousand miles begins with one step”. Filosofi itu sepertinya jadi pegangan Jujiro Matsuda dalam membangun Mazda. Siapa yang menyangka, bapak dari mobilmobil Mazda tersebut ternyata mengawali perusahaannya dengan membuat barang yang sama sekali tidak berkaitan dengan dunia automotif?

Ya, pabriknya di Hiroshima awalnya dikenal sebagai pembuat gabus penutup botol. Ketika didirikan tahun 1920, perusahaan gabus itu masih bernama Toyo Cork Kogyo Co., Ltd. Nama itu berubah menjadi Toyo Kogyo Co., Ltd. tahun 1927 setelah produknya berganti menjadi peralatan perbengkelan.

Debutnya menjadi perusahaan automotif baru dimulai tahun 1931 saat Toyo membuat kendaraan roda tiga yang memiliki bak di belakangnya.Kendaraan itu disebut Mazdago, mengambil nama pendiri perusahaan Jujiro Matsuda. Namun ketika Toyo baru memiliki satu jenis kendaraan, PerangDunia II berkecamuk. Hiroshima saat itu menjadi salah satu pusat industri militer yang menjadi sasaran kekuatan sekutu.

Maka saat bom atom dijatuhkan di tengah kota pada 6 Agustus 1945 produksi di pabrik ikut terpengaruh. Setelah perang berakhir, warga Hiroshima kembali bangkit membangun kota. Pada saat itu Mazda-go menjadi salah satu alat yang dipakai warga untuk kembali membangun kota tersebut.

Menyusul Mazda-go, Toyo kemudian memperkenalkan beberapa kendaraan lain yang berbentuk seperti truk kecil. Baru pada tahun 1960, perusahaan memperkenalkan mobil penumpang pertamanya, yakni Mazda R360 Coupe. Mobil ini sangat irit karena kapasitas mesinnya hanya 356 cc sehingga konsumsi bahan bakar pada waktu itu 1 liter bisa untuk 35 km.

Setahun kemudian yaitu sekitar 1961 Perusahaan ini belajar lagi tentang engine rotary di Perusahaan Rotary Engine NSU/Wankel yang sudahterkenal di Jerman Barat waktu itu. Dan kemudian memperkenalkan seri B1500 pick up, Carol600 mobil penumpang pertamadengan 4 pintu. Perusahaan jugam membangun perakitan di Korea Selatan dan Afrika Selatan (1962-1963) dan memproduksi lebih dari 1 juta unit.

Tahun 1963 mulai memperkenalkan family van generasi pertama seri 800 dan 1000.Tahun 1964 mulai memperkenalkan Mazda E 2000 yang sangat terkenal. Setahun kemudian mulai mempelajari mesin diesel bekerjasama dengan perusahaan dari Inggris Perkins Services N.V. Dan memproduksi Mazda Proceed, Mazda Bongo dan Mazda Luce.

Untuk pasaran Eropa dan Australia diperkenalkan sekitar tahun 1966- 1967 dan mendapatkan respon yang baik untuk masyarakat sana. Di tahun yang sama juga mulai membuat Mazda Cosmo sport 110’s mobil pertama dengan Engine Rotary yang merupakan cikal bakal mobil sport buatan Mazda.

Walau semua mobilnya sudah memakai lambang dan nama Mazda, namun perusahaan Toyo baru secara resmi menggunakan nama Mazda Motor Corporation tahun 1984. Kini, Mazda memiliki fasilitas dan pabrikseluas 2,23juta meter persegi di Hiroshima. Area ini membentang seluas tujuh kilometer dari satu sisi ke sisi lainnya.

Pada area yang dirancang sedemikian sehingga tidak ada jendela pabrik yang menghadap ke perumahan agar kebisingannya tidak mengganggu penduduk ini, terdapat berbagai fasilitas.Ada bagian perakitan, pencetakan dan pengelasan bodi mobil, pengecatan, pembuatan dan perakitan mesin, hingga area pengujian.

Dengan total 21.000 karyawan, Mazda di seluruhdunia menghasilkan 4.000 kendaraan tiap hari, termasuk seri-seri yang kita kenal seperti MazdaCX-5, Mazda2, Mazda6, Mazda Biante dan lainnya.Sekali lagi, semuanya itu berawal dari sebuah pabrik gabus.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5315 seconds (0.1#10.140)