Tampil Unik dan Stylish dengan Busana Tradisional

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 08:53 WIB
Tampil Unik dan Stylish dengan Busana Tradisional
Tampil Unik dan Stylish dengan Busana Tradisional
A A A
Kain tradisional sudah jarang diaplikasikan masyarakat urban dalam keseharian mereka. Berusaha melestarikan warisan budaya tersebut, berbagai merek atau desainer lokal mengeluarkan koleksi busana khas Nusantara, mulai batik, tenun, hingga ikat. Penasaran dengan beberapa hasil karyanya?

Sejumlah desainer lokal tampaknya makin tertarik untuk mengaplikasikan kain tradisional Indonesia ke dalam busana ready to wear yang bisa dikenakan di berbagai kesempatan formal maupun santai.

Bagi Anda yang tertarik memilikinya, berikut ini beberapa referensi busana dari label serta desainer. Label Cotton Ink cukup banyak menawarkan busana berbahan kain tradisional. Merek tersebut menyediakan pilihan atasan dan celana dengan print batik dan tenun. Salah satu atasan cantik yang bisa Anda kenakan saat hangout atau bergaya kasual adalah batik berwarna biru muda yang dibanderol dengan harga Rp229.000.

Busana berbahan katun dan berpotongan boxy tersebut dihadirkan dengan warna biru yang cerah dan kombinasi dua motif batik. Masih dari label yang sama, untuk bawahannya, Anda bisa memilih celana panjang yang dijual dengan banderol harga Rp150.000. Koleksi tersebut mengaplikasikan motif batik jumputan dan dibalut warna krem.

Celana ini dihadirkan dengan material katun sehingga tidak kaku dan berkesan santai untuk bisa Anda kenakan dalam keseharian. Ditampilkan dengan potongan kulot, celana tersebut dapat menambah kesan tradisional, tapi tetap modis. Kalau masih kurang puas berburu busana tradisional, desainer Tanah Air Peggy Hartanto coba menawarkan rancangan terbaru berupa baju modern bernuansa batik.

Desainer asal Surabaya, Jawa Timur, yang karyanya kerap dikenakan selebriti Hollywood ini juga bekerja sama dengan label Bateeq dalam meluncurkan koleksi mini busana batiknya. Untuk kali ini, dia mencoba menampilkan busana batik berpotongan strapless dress A-line dengan corak kawung. Satu lagi merek Tanah Air yang juga menawarkan koleksi busana tradisional, yaitu Major Minor.

Label ini pernah mengeluarkan koleksi yang terinspirasi dari kain tradisional, yakni tenun Bima yang kaya akan motif zig-zag serta warna nan khas. Corak tersebut dikombinasikan dengan gaya hias art deco sehingga terlihat unik saat Anda kenakan. Seperti dress panjang tanpa lengan dengan bagian atas yang penuh motif serupa tenun Bima ini. Masih ingin yang lain? Kali ini coba tengok koleksi Dara.

Label asal Indonesia yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, ini mengusung model busana dan motif batik yang cukup unik. Dara memang lumayan sering mengangkat budaya Tanah Air ke dalam busana besutannya. Salah satu pakaian yang terinspirasi dari batik adalah kemeja lengan pendek berwarna cokelat tua.

Atasan tersebut ditawarkan dengan harga Rp999.000 dan menggunakan motif batik tulis dengan detail kerah yang serupa dengan tampilan blazer sehingga terlihat begitu stylish sekaligus elegan.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5203 seconds (0.1#10.140)