Marketplace Guru Privat dan Kelas Mengajar

Selasa, 25 Agustus 2015 - 10:34 WIB
Marketplace Guru Privat dan Kelas Mengajar
Marketplace Guru Privat dan Kelas Mengajar
A A A
Beragam iklan guru privat hadir mulai dari papan atau poster di pinggir jalan, hingga di internet. Tapi, tidak ada yang menjamin kualitasnya. Padahal, sebenarnya kebutuhan akan guru privat sangat tinggi. Disinilah Ruangguru.com hadir.

Ruangguru.com didirikan oleh Iman Usman dan Adamas Belva karena passion mereka dibidang pendidikan. “Sejak di bangku sekolah saya memiliki keinginan untuk mengajar,” ungkap Iman. Semangat itu terus tumbuh, terutama ketika ia menempuh pendidikan S2 di luar negeri.

Menurutnya, sulit mencari guru privat yang benarbenar sesuai dengan kebutuhan. Dari situ ia dan Adamas berinisiatif membuat wadah dimana murid dan guru private dapat dengan mudah dipertemukan. Kendati Ruangguru berbasis online, namun sistem pengajarannya tetap offline. Karena cara mengajar tatap muka atau bertemu langsung masih sangat efektif untuk sistem pendidikan di Indonesia.

Berdiri Agustus 2014, Ruangguru telah memiliki bebeberapa jenis produk. Antara lain marketplace untuk guru private atau tutor, marketplace untuk kelas mengajar, dan tes online. Untuk marketplace guru private atau tutor saat ini sudah ada hampir 20.000 guru yang terdaftar di Ruangguru dan tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian untuk layanan kelas mengajar yang dapat diakses di www.kelas.ruangguru.com tersedia berbagai macam kelas dengan tema yang beragam.

Mulai kelas bimbingan dengan bidang studi yang umumnya ada di sekolah hingga kelas mengajar fotografi atau IT, bahkan softskill lainnya. Kendati layanan Kelas Ruangguru masih berusia 3 bulan, namun Iman menyebut bahwa sudah ada 110 kelas yang dibuka dan terlaksana.

Bicara soal sistem monetisasi, berdasarkan info pada halaman Ruangguru.com disebutkan bahwa jumlah sesi bimbingan atau mengajar ditentukan oleh para guru dengan jumlah harga yang ditentukan Ruangguru adalah minimal Rp50.000/jam dan Ruangguru mengambil komisi sebesar 20%. Verifikasi guru dan murid adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh Ruangguru sebagai mediator yang akan mengatur jadwal antara guru dan murid.

“Guru dan murid sama-sama kami verifikasi, apakah gurunya berkualitas dan muridnya memperoleh guru yang sesuai,” ungkap Iman. Apa syaratnya? Guru yang mendaftar tidak hanya menyertakan CV, tapi juga beragam ijazah dan sertifikat sehingga dinilai cukup kompeten untuk di-booking oleh para murid atau peserta Ruangguru.

Iman berharap Ruangguru bisa menjadi cara agar semua orang dapat memperoleh akses terhadap pendidikan. Menurutnya, pendidikan yang baik tentu akan membawa dampak terhadap keadaan sosial ikut membaik. “Kami ingin mengubah kondisi guru yang selama ini kurang diapresiasi dan juga belum memperoleh pendapatan yang layak,” ucap Iman.

Cahyandaru Kuncorojati
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0074 seconds (0.1#10.140)