Leher dan Ketiak Menghitam Tanda Diabetes

Selasa, 25 Agustus 2015 - 15:10 WIB
Leher dan Ketiak Menghitam Tanda Diabetes
Leher dan Ketiak Menghitam Tanda Diabetes
A A A
JAKARTA - Gejala diabetes, umumnya ditandai dengan haus, lapar, kerap buang air kecil dan mengantuk. Namun menurut pakar diabetes, Prof Dr Agung Pranoto, dr, MSc, SpPD-KEMD, FINASIM leher dan ketiak yang menghitam juga tanda mengidap diabetes.

"Keadaan ini disebut dengan Acanthosis nigricans. Kalau orang mikir bisa dihilangkan pakai krim pemutih, padahal tidak bisa. Jika digosok juga nggak akan hilang," ungkap Agung Pranoto di Grand Indonesia, Jakarta.

Menurutnya, menghitamnya ketiak dan leher disebabkan karena indikasi resitensi insulin yang akan menyebabkan pada penyakit diabetes tipe 2. Umumnya, keadaan ini mengidap pada mereka yang memiliki berat badan melampaui ideal.

"Bila diukur kadar gulanya sama atau lebih dari 126 mg/dL dalam keadaan puasa, dan dua jam setelah makan dengan kadar sama atau lebih dari 200 mg/dL," kata dia.

Kulit akan kembali bersih, ketika kadar gula dalam darahnya sudah normal. Pasalnya, penderita acanthosis nigricans memiliki kadar gula darah yang tinggi. Umumnya, keadaan ini terjadi karena beberapa hal. "acanthosis nigricans tersebut terjadi karena obesitas, ras, dan keturunan. Tapi pada ibu hamil, tidak termasuk," ujarnya.

Sementara, penyakit yang berhubungan dengan kondisi ini adalah kanker, gangguan hormon, kontraindikasi obat, resistensi insulin, dan kelebihan berat badan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7620 seconds (0.1#10.140)