Sepeda Listrik Ramah Lingkungan

Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:41 WIB
Sepeda Listrik Ramah Lingkungan
Sepeda Listrik Ramah Lingkungan
A A A
ADA pemandangan menarik di area GIIAS 2015. Di tengah dominasi kendaraan-kendaraan baru yang dipamerkan oleh para agen pemegang merek (APM), ada booth yang memamerkan produk khusus sepeda listrik.

PT Juara Bike sebagai produsen sepeda listrik bermerek Selis ini sengaja memboyong tidak kurang dari 12 model kendaraan listrik untuk memberikan pilihan berkendara kepada konsumen.“ Ini produk asli buatan dalam negeri yang kami produksi di sini. Kami punya dua fasilitas produksi yang dibagi khusus untuk pembuatan rangka dan perakitan,” ujar General Manager PT Juara Bike Charles Chai kepada KORAN SINDO di sela-sela GIIAS 2015 kemarin.

Dia menyebutkan, kendaraan listrik yang ditawarkan memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya antipolusi dan hemat karena tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Selain itu, dia mengatakan, Selis juga merupakan produk asli yang dibuat di Indonesia sehingga mendukung ekonomi kreatif seperti yang gencar didengungkan pemerintah. Menurut Charles, Selis di Indonesia sudah mulai dipasarkan sejak tiga tahun lalu.

Produk-produk Selis, dia menyebutkan, juga mendapatkan perhatian yang baik dari konsumen. Terbukti dalam dua tahun terakhir sudah 10.000 unit sepeda listrik yang terjual.Dia menambahkan, potensi pasar produk Selis sangat terbuka karena kini gaya hidup konsumen sudah lebih peduli kebersihan lingkungan. Menurut dia, Selis menjawab kebutuhan tersebut karena produk yang diciptakannya tidak mengeluarkan emisi karbon sama sekali.

Melihat pasar yang begitu besar, Charles menambahkan, Juara Bike sebagai produsen berencana meningkatkan investasi dengan menambah fasilitas produksi hingga mencapai kapasitas 50.000 unit per bulan. “Ini kami harapkan bisa direalisasikan mulai tahun depan,” ujar Charles.

Dia menambahkan, dengan ditambahnya fasilitas baru tersebut, akan memperluas cakupan pemasaran Selis yang saat ini memiliki 60 dealer yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.“Kami yakin ke depan pasarnya akan semakin berkembang. Apalagi jika didukung dengan regulasi pemerintah dan ketersediaan infrastruktur, seperti tempat penitipan sepeda yang dilengkapi fasilitas charger listrik di tempat-tempat parkir umum seperti stasiun kereta,” katanya.

Dia menuturkan, sebagai produsen, PT Juara Bike juga terus menjalin kerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Perindustrian DKI Jakarta untuk mengembangkan produk yang cocok bagi usaha kecil. Salah satunya produk yang dihasilkan dari kerja sama tersebut adalah kendaraan listrik beroda tiga yang dilengkapi bodi utuh mirip dengan kendaraan bemo.

Selain booth PT Juara Bike di GIIAS 2015, juga ada booth lain yang menawarkan sepeda listrik, yakni Mr Jackie. Namun, sepeda listrik ini tidak diproduksi di Indonesia melainkan diimpor dari Taiwan. Meski demikian, produk Mr Jackie juga sama halnya dengan Selis karena menggunakan tenaga listrik sehingga ramah lingkungan.

Yanto kusdiantono
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5287 seconds (0.1#10.140)