Kepuasan Nissan

Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:49 WIB
Kepuasan Nissan
Kepuasan Nissan
A A A
GIIAS 2015 baru berlangsung enam hari. Namun PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah menyatakan kepuasannya menjadi peserta pameran automotif yang digelar di ICE BSD City, ini.

Kepuasan tersebut tidak hanya dari kedatangan animo masyarakat yang datang menyaksikan pameran terbesar di Asia Tenggara itu, tapi juga dari sisi promosi yang dinilai cukup efektif menjaring konsumen. Hal ini terbukti dari sudah adanya sekitar 200 estimasi booking mobil baru hingga kemarin.

Menurut General Manager Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin, jumlah tersebut sejalan dengan target Nissan selama pameran. Bahkan, angka tersebut diperkirakan meningkat lagi di penghujung pameran seperti pada tahun-tahun sebelumnya. “Biasanya sih di ujung menjelang berakhirnya pameran akan lebih banyak lagi calon konsumen yang confirm akan membeli,” ujar Budi kepada KORAN SINDO kemarin.

Dia menambahkan, tingkat pesanan yang sama juga dibukukan Nissan di pemeran automotif lainnya yang berlangsung bersamaan di tempat lain. Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa produk Nissan dapat diterima di masyarakat luas. Menurut Budi, di pameran GIIAS 2015 model-model yang diminati konsumen adalah jenis Nissan X-Trail dengan banyaknya pesanan hingga 30% dari keseluruhan order.

Peringkat kedua adalah Nissan Grand Livina sebanyak 25% dan selanjutnya March. Budi meyakini pameran semacan ini akan mampu mengangkat penjualan pada semester kedua meski kondisi ekonomi sedang melambat. Untuk mendukungnya, NMI selaku agen pemegang merek Nissan di Indonesia menerapkan beberapa strategi di luar sales program, seperti memberlakukan uang muka murah, gratis biaya asuransi, hingga bunga cicilan yang ringan.

Di samping itu, pada tahun ini Nissan akan terus menambah jumlah jaringan dealer untuk mendekatkan diri kepada konsumen. Jika tidak ada aral melintang, hingga akhir tahun ini akan ada total 135 dealer di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan pada tahun lalu yang hanya 114 dealer.

“Kami akan terus membangun jaringan dealer untuk memberikan akses kepada masyarakat yang belum terjangkau jaringan distribusi Nissan. Jumlah dealer terbanyak yang akan dibuka masih di Pulau Jawa dan Sumatera,” ujar Budi.

Di ajang GIIAS 2015 kali ini Nissan memperkenalkan tiga produk baru, yakni Nissan X-Trail Hybrid, Nissan X-Trail Ultimate, dan Nissan March dengan pilihan warna baru. Di samping itu, dipamerkan pula mobil konsep bertenaga listrik, yakni Nissan Esflow yang hadir dengan warna putih.

Khusus Nissan X-Trail Hybrid, Budi menyebutkan, produk tersebut sengaja dihadirkan sebagai bentuk kepedulian Nissan kepada lingkungan. Pasalnya, Nissan Hybrid memang dirancang untuk mengurangi emisi gas buang karena dalam sistem operasinya menggabungkan teknologi berbahan bakar minyak dengan sumber energi listrik.

Adapun Nissan X-Trail Ultimate sengaja diboyong untuk memberikan pilihan kepada konsumen. Unit yang ditawarkan pun terbatas, yakni hanya 86 unit. Menurut Budi, sejak pertama kali diluncurkan, XTrail telah menjadi pilihan utama pencinta mobil sport utility vehicle (SUV)dengan pangsa pasar mencapai 30% di Tanah Air. Dia berharap kehadiran X-Trail Ultimate dapat memperkuat posisi Nissan di segmen pasar tersebut.

“Kami sangat senang dengan dapat menghadirkan seluruh line-up kendaraan kami di GIIAS 2015. Kami menghadirkan ini untuk memberitahukan kepada masyarakat dari produk-produk inovatif kami,” imbuh Presiden Direktur NMI Steve Ardianto. Dia menambahkan, Nissan akan terus berkomitmen menghadirkan inovasi produk terbaik.

Yanto kusdiantono
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8602 seconds (0.1#10.140)