Pengobatan Gangguan Pencernaan Berhasil Ditemukan

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:08 WIB
Pengobatan Gangguan Pencernaan Berhasil Ditemukan
Pengobatan Gangguan Pencernaan Berhasil Ditemukan
A A A
JAKARTA - Ahli medis dari Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura, Dr. Chua Tju Siang berhasil menemukan pengobatan masalah pencernaan tanpa harus melakukan pembedahan.

Teknik tersebut bernama Endoscopic Ultrasound (EUS). "Teknik EUS adalah penggabungan endoscopik dan ultrasonografi, yang bisa memetakan dan menangani segala gejala unik, yang menandakan gangguan pada organ cerna manusia," papar Dr. Chua saat seminar Pencernaan dan Gangguan Hati: Deteksi, Diagnosis, dan Penanganannya di Pisa Kafe, Jakarta, Rabu (26/8/2015).

Melalui teknik EUS, Chuan berhasil memetakan adanya gangguan pada organ cerna, seperti peradangan, batu empedu, hingga tumor yang berpotensi kanker.

"Teknik ini lebih baik memetakan masalah dalam perut dan organ cerna lain, dari teknik USG atau MRI, dan bentuk screening lainnya," ungkapnya.

Menurutnya, teknik selanjutnya bisa melalui biopsi, atau pengambilan jaringan dalam organ tanpa melakukan teknik bedah dari luar.

"Semua saya lakukan dari dalam tubuh, yang tentunya lebih baik untuk pasien, karena tidak meninggalkan bekas luka," tuturnya.

Dalam memastikan dan menangani masalah gangguan pencernaan, Teknik EUS dipercaya memiliki efeksivitas yang paling tinggi. Pasalnya, USG memiliki kemungkinan 50%, MRI 92%, maka EUS memiliki kemungkinan hampir 100%.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4607 seconds (0.1#10.140)