Berkomitmen Kembangkan Pendidikan Indonesia

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:41 WIB
Berkomitmen Kembangkan Pendidikan Indonesia
Berkomitmen Kembangkan Pendidikan Indonesia
A A A
SEKELOMPOK murid SD dan beberapa mahasiswa duduk bersama di ruang perpustakaan SDS Global Andalan Pelalawan Estate. Saat itu mereka tengah asyik menyimulasikan permainan “wartawan”.

Disebut permainan wartawan karena aturan mainnya berdasar pada kaidah 5W 1H (What, Where, When, Who, How ). Inisiatif menyemarakkan perpustakaan tersebut datang dari para mahasiswa penerima beasiswa Tanoto Foundation (Tanoto scholars). Selain dengan permainan, para mahasiswa juga melakukan “bedah pustaka”, untuk menyulap ruang perpustakaan yang biasanya konservatif karena hanya berisi rak, tumpukan buku, dan meja kursi menjadi kelihatan menarik.

“Dengan cara ini, kami berharap semakin banyak murid datang ke perpustakaan,” ujar Zamzam, mahasiswa Universitas Islam Riau. Kehadiran Zamzam dan lebih dari 260 lebih mahasiswa lainnya dari 23 perguruan tinggi di Tanah Air dalam rangka menghadiri Tanoto Scholars Gathering 2015 yang digelar di Pangkalan Kerinci, Riau, Rabu-Sabtu (12-15/8).

Selama gathering, mereka memang diajak ke sekolah yang mendapatkan dukungan Tanoto Foundation untuk menularkan dan mempraktikkan pengetahuan mereka sehingga bisa bermanfaat, terutama untuk sekolah-sekolah yang mendapat bantuan Tanoto Foundation. Hal ini selaras dengan tema gathering , yakni “Learn and Lead”, salah satunya untuk mengarahkan para mahasiswa menjadi pemimpin, termasuk untuk lingkungan sekitarnya.

“Tanoto Foundation menyiapkan Tanoto scholars agar siap menjadi bagian dari pemimpin bangsa. Tanoto Foundation juga terus berkomitmen memajukan pendidikan Indonesia sekaligus mendukung program pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan,” kata Anderson Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation. Dukungan Tanoto Foundation untuk pengembangan pendidikan di Tanah Air sangatlah besar.

Tanoto scholars yang mengikuti gathering merupakan bagian dari 5.400 beasiswa yang telah diberikan. Jumlah ini merupakan terbesar yang diberikan swasta. Tanoto Foundation pun tidak sekadar memberikan beasiswa, juga program, termasuk konsultasi pendidikan, soft skill, gathering, dan lainnya. Selain beasiswa juga membantu peningkatan mutu di sekolah di daerah pedesaan dilakukan melalui Program Pelita Pendidikan.

Sejauh ini Tanoto Foundation telah bekerja sama dengan 322 sekolah, 55 di antaranya terkait langsung dengan perusahaan. Anderson Tanoto, anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, perhatian Tanoto Foundation untuk membantu pendidikan kepada orang yang memerlukan merupakan semangat dari ayah dan ibunya, Sukanto Tanoto dan Tinah Tanoto.

“Bapak Sukanto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto berkeyakinan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama dalam memperoleh kehidupan yang baik dan menjadi anggota masyarakat yang produktif. Salah satu hal utama yang diperlukan dalam mencapai kehidupan yang lebih baik adalah pendidikan,” ujar dia.

Alex aji saputra/ Pung purwanto
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8095 seconds (0.1#10.140)