Tempat Wisata Populer di Agra

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 09:53 WIB
Tempat Wisata Populer di Agra
Tempat Wisata Populer di Agra
A A A
TAJ MAHAL

Terletak di kawasan Agra, Uttar, Pradesh, India, bangunan ini dikenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia karena bentuk bangunannya yang megah dan bergaya indah yang juga diikuti dengan sejarah pembangunannya nan romantis.

Arsitektur Taj Mahal sangat kental dengan perpaduan gaya Persia dan India. Bangunan ini dibangun oleh Maharaja Shah Jahan dari Kerajaan Mughal untuk memperingati kematian istri tercintanya, Mumtaz Mahal. Itulah mengapa nama bangunan ini Taj Mahal.

AGRA FORT

Setelah puas berkeliling dan menikmati kemegahan Taj Mahal, Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 2,5 kilometer ke arah barat laut dan akan menjumpai Agra Fort atau Benteng Agra. Salah satu tempat wisata di India ini mengelilingi areal seluas 380.000 meter persegi dan memiliki empat buah pintu gerbang utama.

Pintu gerbang terbesarnya bernama Delhi Gate yang menghadap langsung ke kota. Sementara pintu lain, yakni Lahore Gate atau Amar Singh Gate, menjadi satu-satunya pintu masuk wisatawan untuk bisa menikmati keindahan istana, paviliun, balkon, lapangan, patung-patung, dan mesjid yang berada dalam Benteng Agra.

FATEHPUR SIKRI

Situs sejarah yang satu ini merupakan sebuah kawasan kota tua yang dahulu menjadi wilayah kekuasaan Kekaisaran Mughal. Kota tua ini dipimpin oleh Kekaisaran Mughal pada abad ke- 16 sebelum akhirnya berhijrah membangun sebuah kota baru yang bernama Shahjahanabad yang kini menjadi wilayah administratif New Delhi. Fatehpur Sikri dibangun dan ditata sedemikian rupa pada 1569.

TOMB OF AKBAR SIKANDRA

Ini adalah makam tokoh penting pada pemerintahan Kekaisaran Mughal, yaitu Kaisar Akbar. Dia merupakan tokoh Mughal yang sangat berpengaruh besar terhadap berdirinya Kekaisaran Mughal di daratan India. Bahkan dia merupakan kaisar pertama yang membangun kerajaan di sisi Sungai Yamuna, yang kala itu masih di kuasai oleh beberapa dinasti dari India, seperti dinasti pemerintahan dari Gujarat.

BABY TAJ

Nama bangunan ini aslinya Itimad Ud Daulah Tomb, namun lebih dikenal dengan nama Baby Taj. Pemberian gelar tersebut lebih dikarenakan bangunan ini mirip sekali dengan bangunan Taj Mahal, terutama dari struktur dan arsitekturnya. Baby Taj merupakan makam seorang tokoh yang mempunyai relasi dengan Kekaisaran Mughal, sekaligus tokoh yang banyak memberikan kontribusinya pada pemerintahan Kekaisaran Mughal. Itimad Ud Daulah nama tokoh tersebut.

SANJAY PLACE

Tempat ini merupakan kawasan bisnis dan perdagangan yang kini terbilang modern. Dulu, ini adalah sebuah kawasan bersejarah yang pernah menjadi kawasan Indira Gandhi. Di kawasan Sanjay Place terdapat banyak sekali restoran yang menyediakan berbagai menu hidangan khas India dan mancanegara. Setelah Anda puas mencicipi berbagai menu hidangan di sini, Anda dapat beristirahat sejenak sembari menikmati nuansa hijau Kota Agra di beberapa taman kota.

MEHTAB BAGH

Situs sejarah yang juga dikenal dengan nama Moonlight Garden ini merupakan taman klasik yang berusia lebih dari lima abad. Mehtab Bagh merupakan situs sejarah peninggalan Kekaisaran Mughal yang pada pembangunannya mempunyai dua tujuan, yaitu memperindah bangunan Taj Mahal yang menjadi lokasi pemakaman istri Raja Shah Jahan dan sebagai pencegah banjir yang pada masa itu sering melanda pesisir Kota Agra, tepatnya yang berada di sisi Sungai Yamuna.

CHINI KA RAUZA

Ini adalah sebuah monumen nan megah yang di dalamnya terdapat sebuah makam seseorang yang sangat berjasa kepada Kekaisaran Mughal, yaitu Allama Mullah Khan Afzal. Dia dikenal sebagai penyair India asli yang sangat berbakat dengan karya-karya sastranya yang sebagian sudah populer di India.

Dia juga merupakan seorang intelektual yang sedari usia muda hingga akhir hayatnya telah banyak memberikan dedikasi terhadap Kekaisaran Mughal yang kala itu tengah berada di bawah kepemimpinan Raja Shah Jahan.

rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)