Manfaat Yoga

Rabu, 02 September 2015 - 08:49 WIB
Manfaat Yoga
Manfaat Yoga
A A A
MELATIH FLEKSIBILITAS DAN KEKUATAN
Gerakan-gerakan yoga dapat membantu meregangkan dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Seiring waktu, Anda dapat meningkatkan kelenturan paha belakang, punggung, bahu, dan pinggul dengan melakukan yoga secara teratur. Yoga yang mengharuskan Anda untuk mendukung berat tubuh sendiri, termasuk menyeimbangkan tubuh pada satu kaki (seperti dalam tree pose) atau mendukung tubuh dengan tangan (seperti dalam pose downward facing dog).

MENGEMBANGKAN OTOT DAN MENCEGAH
Selain melatih kekuatan tubuh, yoga juga dapat meningkatkan massa otot. Dengan yoga, otot-otot tubuh akan semakin kencang. Meningkatnya fleksibilitas dan kekuatan tubuh dapat membantu mencegah sakit punggung. Banyak orang yang menderita sakit punggung karena menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer atau mengemudi mobil. Yoga dapat melemaskan kembali tulang dan otot yang kaku sehingga mencegah nyeri punggung.

MEMPERLANCAR PERNAPASAN
Kita umumnya bernapas dengan tarikan dan embusan napas yang pendek- pendek. Latihan pernapasan yoga, yang disebut pranayama, memberi perhatian pada napas dan mengajarkan bagaimana kita dapat menggunakan paru-paru untuk meningkatkan taraf kesehatan. Latihan napas juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan bahkan menenangkan sistem saraf pusat.

MENENANGKAN PIKIRAN DAN MENGURANGI STRES
Yoga juga memiliki teknik meditasi yang bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran. Yoga memiliki manfaat mengurangi stres. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, akan mencair sehingga Anda akan terbebas dari tekanan stres. Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran yang sangat dibutuhkan oleh pikiran yang sedang stres.

Iman firmansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5266 seconds (0.1#10.140)