Kontrol Perangkat Elektronik dengan Smartphone

Jum'at, 04 September 2015 - 09:04 WIB
Kontrol Perangkat Elektronik dengan Smartphone
Kontrol Perangkat Elektronik dengan Smartphone
A A A
Konsep “rumah pintar”, di mana perangkat elektronik rumah tangga dapat dikendalikan secara nirkabel, rupanya menginspirasi LG Electronics untuk memperkenalkan LG SmartThinQ Sensor.

Perangkat ini memungkinkan pengguna mengendalikan berbagai perangkat elektronik rumah tangga dari jarak jauh, meskipun tak berada di rumah. Jo Seong-jin, CEO LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company, mengemukakan adopsi perangkat elektronik rumah tangga pintar berjalan lambat karena ada persepsi bahwa teknologi yang memungkinkan hal ini terjadi masih sulit dijangkau.

Inilah yang kemudian LG ubah melalui LG SmartThinQ Sensor. “Keunggulan LG SmartThinQ Sensor membuat pengguna tak perlu mengganti koleksi perangkat elektronik rumah tangga miliknya menjadi perangkat baru berbasis internet. Jadi, kehadirannya mampu memperluas hadirnya rumah pintar di masyarakat,” ujar Seong-jin.

Lebih lanjut Seong-jin menjelaskan, penggunaan produk ini sangat sederhana. Hanya dengan menempelkan alat berbentuk bundar ini pada perangkat elektronik, pengguna tak hanya dapat mengendalikan proses kerja melalui aplikasi khusus yang diunduh pada smartphone, juga dapat berkomunikasi dengan perangkat elektronik mereka.

Tempelkan pada mesin cuci biasa misalnya, maka itu bakal membuat pengguna memperoleh informasi saat pencucian selesai dilakukan. Sementara menempelkannya pada sebuah kulkas dengan pengaturan sebelumnya, akan memberi pengguna informasi mengenai berbagai jenis makanan yang tersimpan di dalam kabinnya, yang segera mendekati masa kedaluwarsa.

Selain itu, aplikasi ini juga bakal mengirim notifikasi berapa kali pintu kulkas dibuka, meski Anda sedang tidak berada di rumah. Penggunaan lebih luas LG SmartThinQ Sensor pun dimungkinkan untuk memberi pengguna kendali jarak jauh pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga lain, meski tak berada di rumah.

LG Electronics adalah perusahaan multinasional asal Korea Selatan yang merupakan perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa. Perusahaan ini berkantor pusat di LG Twin Towers di Yoido, Seoul.

LG Electronics merupakan ikon dari LG Group yang merancang dan memproduksi TV, perangkat rumah tangga, dan perangkat telekomunikasi. LG Electronics juga memiliki perusahaan Zenith Electronics dan mengontrol LG Displays, sebuah perusahaan gabungan dengan Philips Electronics.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9141 seconds (0.1#10.140)