Siap Berkelana Nusantara

Kamis, 10 September 2015 - 11:13 WIB
Siap Berkelana Nusantara
Siap Berkelana Nusantara
A A A
Datsun GO Panca Go Travelling yang dibuat oleh Tomi Airbrush berhasil menjuarai kompetisi modifikasi Datsun Live Modz Show Off 2015 . Seperti apa keistimewaan mobil modifikasi buatan bengkel modifikasi dari Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu.

Saat pertama kali memberikan paparan modifikasi di ajang Datsun Live Modz Show Off 2015 , modifikator Tomi Airbrush terlihat yang paling siap dalam menuntaskan ajang kompetisi modifikasi terbuka pertama kali di Indonesia tersebut. Selain memiliki jumlah kru yang lebih banyak dan matang, Tomi Airbrush juga memiliki konsep modifikasi yang cerdas.

“Saat hendak melakukan modifikasi, kami pikirkan dulu modif apa yang sesuai dengan mobil ini. Saat itu saya melihat peta Nusantara yang ada di bagian belakang mobil Datsun Go Panca, yakni Datsun Nusantara. Dari situ saya ingin membuat mobil ini agar siap berkeliling Nusantara,” ujar Tomi Gunawan, builder dari Tomi Airbrush.

Tomi memang menginginkan mobil ini siap berkelana atau travelling . Dia berharap konsep modifikasi GT Concept ini dapat menginspirasi masyarakat dan menjadi kendaraan yang diandalkan oleh para penggemar travelling di Tanah Air. Inilah mengapa Tomi menamai mobil modifikasi mereka dengan Datsun GO Panca Go Travelling (GT) Concept Electric Car.

Karena konsepnya Nusantara, Tomi menonjolkan eksterior mobil ini dengan grafiti berbau Indonesia. Warna yang digunakan, yakni perpaduan merah putih simbol bendera Indonesia, dan peta Indonesia melambangkan kesatuan Indonesia, gold melambangkan kekayaan Indonesia dan batik melambangkan budaya Indonesia.

Sementara, agar konsep traveling semakin kuat, mobil ini diberikan berbagai parts penunjang traveling seperti towing bar, anhang, roof box, GPS dan sebagainya. Tentunya agar nyaman duduk selama menempuh perjalanan jauh bersama Datsun GT Concept, Tomi menggandeng Jipi, seatmaker VIP Luxuries Leather asal Tomang, Jakarta, untuk mengubah interior asli menjadi sebuah interior baru berkonsep elegan dengan warna terang selaras warna eksteriornya. Modifikasi kabin yang dilakukan terbilang menyeluruh.

Jipi bersama tim mengerjakan interiornya dalam waktu singkat selama 3 hari demi mengejar deadline dari panitia Live Modz . Adapun warna bahan MBtech Premium - Carrera yang dipilih adalah pearl white (MBPC 1016) dari varian metallic color yang dikombinasi warna prime, black (MBPC 1001) dan red (MBPC 1010).

Teknologi tinggi yang diterapkan Tomi Airbrush di mobil ini juga keren. Mereka melakukannya dengan sistem hybrid . Ada dua mesin, mesin asli HR12DE tetap difungsikan untuk menggerakkan roda depan, sedangkan mesin listrik alias hybrid untuk penggerak roda belakang. Baterai diisi saat mesin asli Datsun GO Panca bekerja.

Tomi engaplikasikan gear transfer untuk menggerakkan roda belakang. Tak heran bila tromol belakang harus turut di-custom menyesuaikan komponen pendukung hybrid -nya. Eksekusi yang matang inilah yang membuat Tomi Airbrush layak memenangi ajang Datsun Livemodz Show Off 2015 .

Wahyu Sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3528 seconds (0.1#10.140)