Terbatas 20 Unit

Kamis, 10 September 2015 - 11:13 WIB
Terbatas 20 Unit
Terbatas 20 Unit
A A A
PT KIA Mobil Indonesia (KMI) akhirnya merilis varian baru All New KIA Sportage bermesin diesel. Berbekal mesin baru, performa mobil CBU Korea Selatan itu kini jadi lebih menggoda.

Di Indonesia, mobil SUV berukuran medium tidak banyak yang menggendong mesin diesel. Saat ini hanya Chevrolet Captiva VCDi yang paling kelihatan. Inilah mengapa ketika PT KMI merilis All New KIA Sportage dengan varian mesin diesel terasa seperti angin segar. SUV memang saat ini terlalu identik dengan mesin diesel.

Limpahan torsi yang besar membuat jenis mobil ini lebih bertenaga. Sangat ideal untuk dibawa ke medan-medan berat. Belum lagi efisiensi mesin diesel yang lebih menggoda ketimbang varian mesin bensin. Lalu, apa saja yang ditawarkan All New KIA Sportage bermesin diesel itu? Dari tampilan, tidak ada satu hal pun yang membuat mobil ini berbeda dengan varian bensin All New KIA Sportage.

Sekalipun ada hanyalah logo CDRDi yang ditaruh di bagian buritan mobil tersebut. Begitu juga dengan sektor interior terasa sama dengan varian bensin. Karena itu, Anda yang pernah merasakan All New KIA Sportage varian bensin tidak terasa asing dengan mobil ini. Memang ada beberapa fitur yang menghilang di mobil ini.

Itu karena mobil ini dibanderol Rp425 juta, tentu pembandingnya adalah fitur yang ada di All New KIA Sportage Platinum. Nah, fitur yang menghilang adalah pengaturan kursi elektrik, tombol Start/Stop Engine, Auto Climate Control, jok kulit dan head unitdengan layar sentuh. Untungnya, panoramic sunroofraksasa yang terpisah di tengah dari varian EX tetap dibawa yang menciptakan kesan lapang di kabin.

Namun, itu semua tertebus dengan performa mesin diesel 4 silinder berkapasitas 1.999 cc. Mesin diesel yang ada di mobil ini tergolong modern karena dibekali dengan common raildan variable turboyang membuat mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 177 daya kuda di 4.000 RPM dan torsi maksimal 382 Nm di 1.800 – 2.500 RPM.

Bayangkan, dengan dimensi yang sangat kompak, mobil ini memiliki torsi sebesar 382 Nm dan tenaga 177 daya kuda. Torsi yang dimiliki mobil ini pun menurut perkiraan KORAN SINDOmasih sepadan dengan torsi yang dimiliki mobil diesel lain dengan kapasitas silinder 2.500 cc. Jangan jauh-jauh dengan mobil lain.

Dibandingkan varian bensinnya, mobil ini memang lebih bertenaga. Tenaganya lebih besar dibandingkan dengan varian bensin yang hanya memiliki tenaga maksimal 166 daya kuda dan torsi maksimal 197 Nm. Inilah yang membuat All New KIA Sportage Diesel begitu menggoda. Anda akan merasakan lonjakan tenaga yang ada di mobil ini.

Karena itu, untuk masalah akselerasi mobil ini, pabrikan asal Korea ini mengklaim untuk melesat dari 0-100 km/h hanya perlu waktu 9,4 detik sebelum mencapai kecepatan puncaknya 193 kilometer per jam. Tentu ini jadi sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen yang memang menginginkan sebuah SUV yang matang dalam sektor performa.

Sayang PT KMI tidak banyakbanyak membawa mobil diesel ini ke Indonesia. Tersiar kabar populasi mobil ini hanya dibatasi 20 unit. Jadi, ini bisa jadi barang yang sangat langka ke depannya.

Wahyu Sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7063 seconds (0.1#10.140)