Terseksi Sepanjang Sejarah

Kamis, 10 September 2015 - 11:11 WIB
Terseksi Sepanjang Sejarah
Terseksi Sepanjang Sejarah
A A A
Rolls-Royce membuat Rolls-Royce Dawn untuk menjadi mobil sedan luxury terseksi yang pernah mereka buat. Mobil ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobil atap terbuka lainnya yang pernah dibuat oleh Rolls-Royce.

Sir Henry Royce memiliki mantra yang hingga kini mampu membius para insinyur yang ada di Rolls- Royce. Mantra yang mam - pu membuat mereka bekerja keras mencapai yang terbaik saat mencip - takan mobil-mobil Rolls-Royce. “Capailah kesempurnaan dalam segala hal yang kamu lakukan. Ambil yang terbaik dan terus perbaiki. Ketika yang terbaik tidak ada, buatlah.

Jangan pernah menerima kata hampir atau cukup,” demikian rapalan dari Sir Henry Royce. Dari t filosofi inilah Rolls-Royce berhasil menipu spekulasi media akan kehadiran model baru Rols- Royce. Spekulasi beredar bahwa Rolls-Royce hanya akan menang - galkan atap Rolls-Royce Wraith untuk membuat model baru itu.

Jelas itu bukanlah tradisi Rolls- Royce. Tinggal mencopot atap Rolls- Royce Wraith demi menghadirkan model baru jelas melanggar filosofi yang ada di urat dan nadi Rolls-Royce. “Di Rolls-Royce Dawn, kami men - desain kendaraan mulai dari awal, dengan visi baru, mengha dirkan kendaraan yang luar biasa dan menggoda,” ujar Giles Taylor, Director of Design, Rolls-Royce Motor Cars.

Rolls-Royce Dawn memang bukanlah Rolls-Royce Wraith dengan atap terbuka. Mobil ini merupakan mobil baru dengan 80% bagian baru yang didesain khusus. Mobil yang namanya terinspirasi dari mobil atap terbuka yang pernah dibuat Rolls-Royce pada era klasik, Rolls-Royce Silver Dawn ini memang tampil istimewa.

Berbekal prinsip rasio struktur 2:1, Rolls-Royce Dawn tampil atletis dengan kap mesin yang panjang, short overhang di depan, long overhang di belakang, garis body elegan dan tegas di bagian samping. Bak seorang atlet, Rolls-Royce Dawn terlihat selalu siap menghadapi rintangan. Lekuk dan garis tegas di bagian permukaan body hasil dari desain panel yang benar-benar baru dalam melahirkan permukaan yang padat dan memberikan siluet yang tegas dan mencirikan potensinya. Bagian grill dan bumper yang memiliki garis desain yang cenderung horizontal, berbeda dengan Rolls- Royce lain yang cenderung menggunakan bahasa vertikal dalam desainnya.

Bagian bumper kini menggabungkan tempat pelat nomor dengan lubang udara. Interiornya tampil mewah. Im - presi pertama saat masuk ke dalam kabin Dawn adalah keberadaan empat kursi dengan sentuhan kulit dan kayu yang sangat mewah. Mobil ini menawarkan bangku individual yang sangat memanjakan penum - pang.

Kendaraan ini dilengkapi dengan empat bangku utuh, tanpa kompromi. Inilah keistimewaan pertama yang tidak dimiliki mobil atap terbuka lainnya. Biasanya mobil atap terbuka selalu mengorbankan kursi di baris kedua dengan ruangan yang lebih sempit. Namun, itu tidak terjadi di Rolls-Royce Dawn. Keistimewaan lainnya adalah tingkat keheningan yang ada di mobil ini.

Meski memiliki atap kain, Rolls- Royce mengklaim mobil ini memiliki tingkat keheningan yang tinggi. Bahkan, pelipatan atap kainnya bisa dilakukan dalam kecepatan 50 kilometer per jam. Waktu melipatnya pun hanya 20 detik saat berjalan. Bagi mereka yang tidak terlalu mementingkan kesenyapan kabin dan lebih tertarik untuk memainkan musik bersama teman-teman, sistem audio Rolls-Royce Bespoke telah dirancang khusus untuk konfigurasi akustik unik yang dimiliki Dawn.

Gilanya lagi, Rolls-Royce menyediakan 16 speaker premium untuk sistem audio ini. Soal mesin, Rolls-Royce memas - tikan mobil ini mendapatkan jantung mekanis terbaik. Mobil ini dilengkapi mesin V12 twin-turbo 6.6 liter. Dengan tenaga maksimal hingga 563 daya kuda pada 5.250 rpm dan torsi hingga 780 Nm pada 1.500 rpm.

Wahyu Sibarani
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6251 seconds (0.1#10.140)