Bila Nyeri Tak Kunjung Hilang, Anda Mesti Waspada!

Kamis, 10 September 2015 - 23:08 WIB
Bila Nyeri Tak Kunjung Hilang, Anda Mesti Waspada!
Bila Nyeri Tak Kunjung Hilang, Anda Mesti Waspada!
A A A
JAKARTA - Untuk mengatasi rasa nyeri, banyak orang yang memilih mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, jika rasa nyeri tidak kunjung reda, Anda patut waspada.

Menurut ahli anestesi, dr. Dwi Pantja Wibowo, hal tersebut merupakan pertanda adanya masalah pada fungsi organ tubuh Anda.

"Memberikan obat khususnya anti nyeri memiliki tujuan tak hanya menghilangkan nyeri, tetapi juga menghilangkan sebab nyeri. Bila nyeri tidak kunjung sembuh, berarti ada yang salah di tubuh," papar Pantja di Jakarta.

Sebagai contoh, rasa nyeri di bagian perut kanan bawah yang tak kunjung reda merupakan pertanda adanya masalah usus buntu.
"Nyeri sebagai pemberi tanda untuk menghindar atau tanda penyakit. Misalnya, sakit di perut kanan bawah, karena sakitnya ketahuan ada radang namanya usus buntu," ujarnya.

Untuk itu, Pantja menganjurkan untuk lebih memperhatikan kesehatan. Pasalnya, jika nyeri dibiarkan bisa menyebabkan berbagai macam masalah.

"Nyerinya nggak ilang-ilang sebaiknya jangan dibiarkan. Sebaiknya segera dikonsultasikan. Karena bisa menyebabkan gangguan lain misalnya psikologis jadi tergganggu dan tidak bisa tidur," kata dia.

Sementara untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, Pantja menyarankan harus dilakukan dengan bijak. "Biasakan untuk selalu baca aturan pakai yang ada di kemasan obat. Semua tercantum di situ. Harus sesuai anjuran. Karena berbagai obat punya efek samping sendiri," pungkasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)
pixels