Saat Bikin Pasta, Hasilnya Lembek? Ini Lima Hal Yang Perlu Dihindari Saat Memasak Pasta

Jum'at, 11 September 2015 - 05:17 WIB
Saat Bikin Pasta, Hasilnya Lembek? Ini Lima Hal Yang Perlu Dihindari Saat Memasak Pasta
Saat Bikin Pasta, Hasilnya Lembek? Ini Lima Hal Yang Perlu Dihindari Saat Memasak Pasta
A A A
JAKARTA - Pasta selalu menjadi makanan yang mudah dibuat dan cukup mengenyangkan, terutama ketika Anda tidak memiliki cukup waktu dan ide untuk memasak.

Meski terlihat sederhana karena telah berkali-kali mengolahnya, Anda mungkin telah membuat kesalahan mendasar yang tidak Anda sadari saat membuat pasta.

Berikut adalah lima kesalahan utama saat memasak pasta, plus tips untuk mencegahnya yang dilansir dari Kitchn.

1. Menggunakan panci yang terlalu kecil.

Anda mungkin pernah mencoba mematahkan spaghetti ketika akan merebusnya untuk menyesuaikan dengan panci yang Anda gunakan. Dengan menggunakan panci yang tidak cukup besar, suhu air dapat turun secara signifikan ketika pasta ditambahkan. Ketika air mendidih, pasta akan menggumpal dan bertekstur lembek dan lengket di dasar panci.

2. Tidak menaburkan garam pada air.

Karena ingin membatasi jumlah sodium dalam makanan kita, langkah memberikan garam pada air untuk merebus pasta terlalu sering dilewati.

Seorang koki profesional bahkan dituntut untuk memastikan bahwa air untuk merebus pasta harus se-asin air laut. Mungkin tidak harus se-ekstrim itu, namun penambahan garam pada air itu benar-benar dibutuhkan.

Pasta tidak akan menyerap semua garam yang masuk di dalam air. Tujuan pemberian garam ini adalah untuk membersihkan permukaan pasta agar tidak semakin berlendir. Garam juga membantu untuk membumbui pasta, sehingga hal ini sangatlah penting..

3. Memasukkan pasta ke dalam air terlalu cepat.

Ketika Anda lapar, tampaknya seperti memakan waktu yang lama untuk menunggu air mendidih. Tapi jangan menggunakan alasan ini untuk memasukkan pasta ke dalam air terlalu cepat. Ketika pasta terendam di dalam air yang tidak cukup panas, pasta akan bergetah dan lengket.

4. Tidak mengaduk pasta.

Mengaduk pasta selama memasak sangatlah penting. Jika Anda melewatkan langkah ini Anda akan mendapatkan hasil akhir pasta yang menggumpal dan lengket satu sama lain.

5. Membilas pasta setelah memasak.

Jangan penah membilas pasta Anda. Tidak hanya karena memang hal ini tidak diperlukan, namun dengan membilas pasta setelah matang dapat menghilangkan zat tepung yang dapat membantu menyatukan rasa pasta ketika dipadukan dengan sausnya. Membilas pasta juga dapat mempengaruhi rasa dari pasta itu sendiri.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8801 seconds (0.1#10.140)
pixels