Misteri Absennya ALWAYS

Minggu, 13 September 2015 - 13:06 WIB
Misteri Absennya ALWAYS
Misteri Absennya ALWAYS
A A A
Beberapa lagu hits milik Bon Jovi, seperti Always, Never Say Goodbye, dan Thank You For Loving Me, tidak didendangkan grup musik legendaris tersebut ketika tampil di Jakarta. Apa yang menyebabkan lagu tersebut menghilang?

Putri Annisa Moeloek, Public Relation PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), tidak bisa memendam kebingungannya usai menonton konser Bon Jovi, Jumat (12/9) lalu. Hingga konser selesai, dia tidak sekalipun mendengar lagu Always berkumandang. ”Udah nungguin sampe selesai gak dinyanyiinjuga,” keluh Annisa, lewat akun Pathmiliknya.

Segudang pertanyaan juga dirasakan penonton konser Bon Jovi Live Jakarta lainnya, Ilham, yang mengaku sedikit sedih karena lagu Alwaystidak dinyanyikan Bon Jovi. Dia mengaku hal tersebut memang tidak membuat konser Bon Jovi mengecewakan. Namun, jadi seperti sayur asam kurang garam.

”Bon Jovi itu Always. Sedikit sedih juga karena gakada lagunya. Padahal, dua dekade lalu di Ancol, lagu ini jadi anthem banget di konser pertama itu,” kenang Ilham yang mengaku pernah menonton konser Bon Jovi di Ancol pada 1995. Ilham dan Annisa tidak sendirian. Ribuan orang yang memadati Stadion Gelora Bung Karno (GBK) juga bertanyatanya, kenapa lagu Alwaystidak berkumandang.

Ada yang berspekulasi Jon Bon Jovi, sang vokalis, tidak mampu lagi menyanyikan lagu tersebut seperti dulu. Lagu Alwaysmemang memiliki rangevokal variatif dan penuh nada-nada tinggi. Di usia yang makin menua, pita suara penyanyi yang punya nama asli John Francis Bongiovi Jr tersebut diyakini tidak mampu menjangkaunya lagi. Benarkah?

Selain itu, ada selentingan lain mengapa Alwaysjarang masuk daftar Bon Jovi. Konon kabarnya ada biaya khusus jika hits yang berasal dari album “Cross Road” itu ingin dinyanyikan di sebuah konser. Ada juga kabar yang mengatakan, beberapa lagu tidak dinyanyikan karena adanya peran kreatif co-counter Bon Jovi yang sudah hengkang, Richie Sambora.

Diketahui, lead guitarBon Jovi itu memang berperan besar membuat lagu-lagu hits Bon Jovi. Seiring hengkangnya Mr Sambo, panggilan akrab Richie Sambora, maka Bon Jovi membatasi diri menyanyikan lagu yang ada peran dari Mr Sambo. Benarkah demikian? Bisa jadi ya, bisa jadi bukan. Sebab semuanya kembali ke statistik.

Nah yang perlu diketahui, Always memang bukanlah bagian dari daftar lagu Bon Jovi kala pentas. Tercatat versi asli Alwaysyang syahdu itu terakhir kali dimainkan pada 2013 silam di konser akbar Live at Cleveland 2013. Secara statistik, menurut situs Setlist.fm, Alwayshanya menempati urutan ke- 35 dengan total dimainkan sebanyak 228 kali.

Salah satunya saat Bon Jovi konser pertama kali di Indonesia pada 1995 silam. Tidak cuma Always, satu-satunya hitsdunia Bon Jovi yang ternyata bukan daftar utama lagunya. Ada Never Say Goodbye yang berada di posisi lebih rendah, yakni urutan ke-41 dengan total dimainkan sebanyak 178 kali.

Bahkan lebih parah, hitslainnya Thank You For Loving Me ternyata menduduki urutan 115 dan cuma pernah dinyanyikan sebanyak 25 kali. Dengan begini, jelas kenapa tiga lagu yang gaungnya nyaring di seluruh dunia itu tidak hadir di konser Bon Jovi di Jakarta kali ini. Selain tiga lagu tadi, hitslain yang menjadi harapan 40.000 penonton di Stadion GBK untuk dibawakan adalah Bed of Roses, Lay Your Hands on Me,dan ‘I’ll Be There For You.

Walaupun ada kekurangan yang dinilai antiklimaks, konser Bon Jovi Live Jakartatetap saja sukses. Sekitar 20 lagu dihantarkan Bon Jovi, mulai That’s the Water Made Me, Who Says You Cant Go Home, Lost Highway, hingga Because We Can, Livin’ on A Prayer, Someday I’ll Be Saturday Night, Runawayjuga Hava A Nice Day.

Lebih spesial karena Indonesia diberi kesempatan sebagai negara pertama di dunia yang mendengarkan secara langsung lagu berjudul We Don’t Rundari album terbarunya, “Burning Bridges” (2015).

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3530 seconds (0.1#10.140)