Bahaya Kabut Asap Ancam Kesehatan

Senin, 28 September 2015 - 11:32 WIB
Bahaya Kabut Asap Ancam Kesehatan
Bahaya Kabut Asap Ancam Kesehatan
A A A
JAKARTA - Kabut asap yang diakibatkan kebakaran hutan serta lahan di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan memasuki level berbahaya. Kini, kabut asap pun menjadi ancaman serius bagi kesehatan.

Guru Besar Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI, Tjandra Yoga Aditama mengungkapkan, bahwa gangguan kesehatan mudah menyerang lansia, anak-anak, orang dengan gangguan paru dan jantung. "Dampak langsung yang akan dirasakan infeksi paru dan saluran pernapasan," papar Tjandra di Jakarta.

Lebih lanjut Tjandra menjelaskan, kabut asap juga bisa menyebabkan iritasi lokal pada selaput lendir di hidung, mulut dan tenggorokan. Kabut asap juga memicu alergi, peradangan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga pneumonia.

Tidak adanya keseimbangan daya tahan tubuh, bakteri atau virus dan buruknya lingkungan membuat seseorang mudah terserang ISPA.

Sementara itu, akibat kontak langsung dengan asap kebakaran memicu gangguan iritasi pada mata dan kulit. Umumnya, penderita akan merasakan gatal, mata berair dan peradangan. Bagi penderita asama dan penyakit paru kronis akan semakin parah jika asap terhirup ke dalam paru.

"Kemampuan kerja paru menjadi berkurang dan menyebabkan orang mudah lelah dan mengalami kesulitan bernapas," ujarnya.

Menurut Tjandra, dampak tidak langsung dari kabut asap adalah turunnya daya tahan tubuh hingga menimbulkan stres. Bahkan, berbagai penyakit kronik di berbagai organ tubuh, seperti jantung, hati dan ginjal juga bisa memburuk.

Secara tidak langsung, kabut asap juga mencemari air. "Jika air dikonsumsi masyarakat, bisa menyebabkan gangguan saluran cerna. Selain itu, dapat mencemari buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebelum mengonsumsinya, pastikan sudah mencucinya hingga bersih," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9330 seconds (0.1#10.140)