Ini Dia, Tips Mencegah & Menanggulangi Varises Plus Kaki Bengkak

Kamis, 15 Oktober 2015 - 06:30 WIB
Ini Dia, Tips Mencegah & Menanggulangi Varises Plus Kaki Bengkak
Ini Dia, Tips Mencegah & Menanggulangi Varises Plus Kaki Bengkak
A A A
JAKARTA - Tidak hanya kaki yang cantik menjadi dambaan wanita. Saat ini, kaki sehat menjadi impian setiap orang.

Varises dan kaki bengkak adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak kalangan, baik pekerja kantoran sampai pekerja lapangan.

Tapi sering kali orang menyepelekan kaki bengkak, walaupun dengan menaikan kaki dapat mengurangi bengkak namun hal tersebut tidak menyelesaikan masalah kaki bengkak.

Dalam seminar awam di Venosan Clinic, Jalan Jaksa, Menteng, Jakarta, yang disampaikan oleh Dr. Witra Irfan Sp.B(K)V. Menyatakan bahwa varises bukan lagi masalah estetik semata. Namun varises sudah menjadi suatu disease, tidak hanya wanita, saat ini varises dan kaki bengkak dapat juga diderita oleh kaum adam alias laki-laki.

Perlu diketahui, varises adalah istilah medis untuk pelebaran pembuluh darah balik atau vena. Pembuluh darah yang paling sering terkena varises adalah pembuluh darah balik/vena pada kaki, karena adanya tekanan di pembuluh darah tubuh bagian bawah.

Nah, dalam seminar ini juga dijelaskan tentang, banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya varises sampai dapat menyebabkan kaki bengkak. Yaitu mulai dari genetic sebagai faktor utama, sampai gaya hidup dan kebiasaan, menjadi faktor yang turut mempengaruhi.

Contohnya seperti berdiri atau duduk dalam waktu yang cukup lama. Kaki kram, pegal dan bengkak adalah beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh para penderita varises. Sampai keluhan munculnya varises yang berkelok-kelok yang tampak pada permukaan kulit.

gejala varises

“Tidak hanya tampilan yang menjadi fokus perhatian penderita varises. Bengkak dan kram hebat, merupakan keluhan yang sering di utarakan, bahkan sampai yang lebih serius dapat menyebabkan luka terbuka hingga dapat menyebabkan kematian “ beber Dr. Witra Irfan Sp.B(K)V.

Lalu bagaimana kita dapat mencegah atau mengobati varises dan kaki bengkak?

Pemeriksaan pasti pembuluh darah vena adalah dengan USG Doppler, atau pemeriksaan USG Doppler, dapat mengetahui apakah katup dan ukuran pembuluh darah vena Anda masih dalam batas normal, atau malah terdapat pembekuan darah yang dapat menyebabkan kaki bengkak.

Setelah pemeriksaan tersebut barulah dokter dapat menentukkan treatment yang sesuai seperti Skin Laser, suntik sampai treatment terkini adalah EVLA (Endovenous Laser Treatment).

laser varises

‘EVLT’ adalah treatment terkini sebagai pengganti operasi konvensional atau open surgery dimana dengan EVLT, waktu penyembuhan relatif lebih singkat. Dijelaskan lagi oleh dr. Witra Irfan yang juga berpraktek di Venosan Clinic dan disebut sebagai salah satu spesialis bedah vaskular terbaik di Indonesia tersebut.

Bahwa semua tindakan pencegahan dan treatment yang dilakukan diatas selalui diawali dengan penggunaan compression stocking yaitu Venosan Stocking.

venosan stocking

“Dulu, penanganan varises secara konvensional dengan melakukan open surgery atau membalut kaki dengan bandage. Namun seiring kemajuan teknologi saat ini, penanganan varises menjadi lebih mudah dan cepat dengan laser dan menggunakan Medical Compression Stocking. Venosan stocking memiliki tekanan yang bergradasi, yang dapat membantu efek memompa darah balik di tungkai bawah kembali ke jantung lebih cepat, sehingga dapat mengurangi bengkak “ tandas dokter yang melakukan treatment laser di Venosan Clinic itu.

kompresi venosan stocking
So, sebaiknya Anda jangan pernah menganggap remeh keluhan kaki bengkak dan varises.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5813 seconds (0.1#10.140)