'Tips 7 Cara dalam 7 Hari buat Melepas Facebook'

Kamis, 05 November 2015 - 03:30 WIB
Tips 7 Cara dalam 7 Hari buat Melepas Facebook
'Tips 7 Cara dalam 7 Hari buat Melepas Facebook'
A A A
MELBOURNE - 7 hari 7 cara: Apakah Anda seorang pecandu jejaring sosial Facebook? Apakah mau berhenti karena tersakiti oleh media sosial ini? Entah itu karena kasus dengan teman, pacar, atasan atau bawahan hingga penipuan dan lain sebagainya.

Tapi Anda masih bertanya di dalam hati, apakah saya bisa belajar untuk hidup tanpa Facebook?

Atau bagi Anda yang merasa seperti cinta Anda dalam kehidupan bersosialisasi telah diambil oleh situs online ini yang mana telah mengambil alih kehidupan nyata Anda?

Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan kembali kontrol atas kehidupan sosial Anda yang sebenarnya. Sekaligus menguatkan tekad bulat Anda untuk berhenti facebook-an hanya dalam tempo 7 hari saja seperti dilansir dari situs body and soul.

Senin

Menentukan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di Facebook dalam sehari dengan melacak penggunaan Anda. Kemungkinan Anda menghabiskan lebih banyak waktu dari yang Anda pikirkan. Misalnya seperti menguntit aktivitas mantan pacar, mencari hewan peliharaan orang yang hilang, hingga sekedar melihat status dan foto profil orang-orang.

Menjumlahkan menit (atau jam) dan bertanya pada diri sendiri apakah hal-hal seperti ini benar-benar produktif dalam penggunaan waktu Anda.

Selasa

Beritahu semua orang rencana Anda. Biarkan teman-teman dan keluarga tahu bahwa Anda sedang berusaha untuk memotong kembali jumlah waktu yang Anda habiskan di Facebook karena ini akan membantu untuk membuat Anda bertanggung jawab sehingga Anda tidak tergelincir.

Ingatkan mereka tentang alamat email dan nomor telepon Anda sehingga mereka dapat tetap berhubungan dengan Anda.

Rabu

Matikan notifikasi email; karena dengan itu, mereka mendorong Anda untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook.

Anda tidak perlu diberitahu setiap kali seseorang komentar pada foto atau posting. Dan setelah Anda mengklik pada link, kemungkinan Anda akan membuang-buang satu sampai dua jam mengklik profil dan sebagainya.

Kamis

Buat blok. Jika Anda tidak dapat mempercayai diri Anda untuk tidak masuk untuk mengintip dengan licik, tambahkan Facebook ke situs yang diblokir pada browser web Anda. Anda juga dapat mencoba program perangkat lunak bebas seperti ‘Cold Turkey’, yang dapat Anda gunakan untuk memblokir diri sementara dari situs media sosial populer.

Jumat

Membuat daftar to-do. Buat daftar kegiatan alternatif yang bisa Anda lakukan. Membaca buku, menonton film, mengambil kelas yoga, melakukan beberapa hal saat berkebun, memanggang kue atau menyelesaikan proyek di sekitar rumah Anda yang sudah lama tak diselesaikan. Pasti nantinya Anda akan kagum dengan berapa banyak yang dapat Anda kerjakan dan capai.

Sabtu

Mengisi kalender Anda. Gunakan beberapa waktu luang Anda untuk melihat teman-teman Anda dalam kehidupan nyata. Alih-alih mem-poke, mengirim pesan buat mereka atau posting di dinding mereka.

Akan lebih baik bersosialisasi, bertemu teman untuk minum kopi atau berjalan-jalan di taman. Facebook seharusnya tentang membuat koneksi saja, tapi tidak ada yang rasanya seperti bertemu seorang teman dalam sebuah tatap muka.

Minggu

Coba menonaktifkan akun Anda. Ini menyembunyikan semua informasi Anda, tetapi memungkinkan Anda untuk mengubah akun Anda kembali jika Anda berubah pikiran. Cukup pergi ke "pengaturan akun" dan klik pada "menonaktifkan akun".

Jika Anda merasa berani, menghapus akun Anda sepenuhnya. Tapi jangan log in selama dua pekan berikutnya atau Anda hanya akan mengaktifkannya kembali. Itu artinya Anda belum punya tekad bulat meninggalkan facebook.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6487 seconds (0.1#10.140)