Menyelam Diantara Benua Amerika dan Eurasia

Senin, 09 November 2015 - 14:25 WIB
Menyelam Diantara Benua Amerika dan Eurasia
Menyelam Diantara Benua Amerika dan Eurasia
A A A
ISLANDIA - Silfra, celah teknotik yang terdapat di Taman Nasional Thingvellir, Blaskogahyggon, Islandia, menawarkan pemandangan yang luar biasa. Silfra berisikan air tawar yang membelah Amerika dan Eurasia.

Dilansir dari Amusingplanet, kabarnya Silfra memiliki celah yang sangat jernih, dingin dan termasuk dalam lima situs penyelaman terbaik yang terkenal di dunia.

Jernihnya air, membuat para penyelam dapat menembus birunya air laut hanya dengan jarak pandang 100 meter. Bagi para penyelam, tentunya sudah tidak asing lagi dengan celah ini. Keberadaannya di batas benua Amerika dan Eurasia, membuat Silfra menjadi tempat menyelam paling menantang.

Silfra memiliki suhu air -2 sampai empat derajat celcius dan tidak berubah sepanjang tahun. Hal ini membuat Silfra tidak dihuni hewan. Menariknya, melalui penyaringan alami yang berawal dari cairnya permukaan gletser dari Gunung Hofsjokull, membuat air di sini sangat jernih.

Gletser yang mencair akan menghilang dari permukaan tanah. Masuk ke dalam tanah dan kembali muncul di Taman Nasional Thingvellir. Air akan terus disaring oleh batuan lahar berpori, sehingga air sangat murni dan bisa langsung diminum.

Batu lava, pasir dan ganggang merupakan hal yang menarik perhatian para penyelam. Namun sayang, tidak banyak penyelam yang mampu memasuki gua Silfra sedalam 63 meter. Pasalnya, batu-batu di dalam gua tersebut bisa runtuh seketika.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9535 seconds (0.1#10.140)