Pneumoconiosis Jadi Penyebab Kematian Pekerja

Senin, 09 November 2015 - 21:30 WIB
Pneumoconiosis Jadi Penyebab Kematian Pekerja
Pneumoconiosis Jadi Penyebab Kematian Pekerja
A A A
JAKARTA - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan 1 juta kematian pada pekerja, 5% di antaranya disebabkan oleh pneumoconiosis. Sementara data Organisasi Buruh Internasional (ILO), pada tahun 2013 mencatat 30—50% pekerja di negara berkembang rentan mengidap pneumoconiosis.

"Data resmi untuk pneumoconiosis di Indonesia memang belum ada. Namun dari beberapa penelitian, diperkirakan angkanya memang cukup tinggi," papar Ketua umum Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia, dr Nusye E Zamsiar, MS, SpOk dalam seminar media pneumoconiosis di Hotel Grand Cemara, Senin (9/11/2015).

Pneumoconiosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh paparan debu di lingkungan kerja. Gejala penyakit ini pun mirip seperti batuk biasa dan sulit dideteksi karena muncul dalam jangka panjang.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono MKes menjelaskan, jika pneumoconiosis tidak tertangani akan memicu kerusakan paru-paru. Untuk itu diperlukan pencegahan, karena penyakit ini tidak bisa dipulihkan.

"Jika menemukan pasien gangguan pernapasan, penting bagi dokter untuk menanyakan riwayat pekerjaannya. Jika bekerja di tambang, perlu diwaspadai risiko pneumoconiosis," tutup dr Anung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6233 seconds (0.1#10.140)
pixels