Waspadai Cegukan Tak Kunjung Sembuh!

Selasa, 10 November 2015 - 14:25 WIB
Waspadai Cegukan Tak Kunjung Sembuh!
Waspadai Cegukan Tak Kunjung Sembuh!
A A A
JAKARTA - Cegukan umumnya terjadi karena makan yang terlalu cepat. Namun, cegukan juga bisa menjadi salah satu gejala suatu penyakit. Untuk itu waspadalah, terutama jika cegukan Anda disertai dengan gejala demam, nyeri dan sesak.

Berikut beberapa penyakit yang disertai dengan cegukan yang dilansir dari Prevention.

1. Asam refluks
Gangguan pencernaan ini bisa menjadi penyebab utama terjadinya cegukan yang tak mau reda. Selain cegukan, pasien juga akan mengalami kembung dan rasa panas di dada yang memicu iritasi diafragma. Namun, cegukan akan hilang ketika gangguan asam refluks yang juga menghilang.

2. Gangguan saraf
Umumnya, gangguan saraf yang terjadi di sekitar leher, tenggorokan, dada dan perut memicu terjadinya cegukan. Namun, spastik diafragma juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

3. Gejala stroke
Cegukan pada wanita merupakan salah satu gejala terjadinya stroke. Tidak hanya itu, pasien juga akan mengalami rasa nyeri pada dada, kebas dan pandangan agak kabur.

4. Gangguan fungsi ginjal
Fungsi ginjal yang menurun secara perlahan akan membuat produk sisa yang dihasilkan organ menumpuk di tubuh. Dengan demikian, diafragma dan saraf vagus menjadi terganggu dan memicu cegukan.

5. Hamil
Sebagian wanita yang hamil, cukup sering mengalami cegukan. Namun sayang, hingga saat ini belum ada penjelasan secara ilmiah mengenai hal ini. Perubahan hormonal atau perubahan level stres yang memicu kecemasan juga bisa menyebabkan cegukan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9291 seconds (0.1#10.140)