Bolehkah Oleskan Pasta Gigi Saat Luka Bakar?

Jum'at, 20 November 2015 - 18:30 WIB
Bolehkah Oleskan Pasta Gigi Saat Luka Bakar?
Bolehkah Oleskan Pasta Gigi Saat Luka Bakar?
A A A
JAKARTA - Pasta gigi kerap digunakan untuk mengatasi luka bakar. Banyak orang yang menilai, mengoleskan pasta gigi di atas luka bakar mampu mendinginkan luka. Namun sayang, hal tersebut tidaklah tepat.

Dokter Spesialis Emergency Medik, dr Wahyuni Dian Purwati menjelaskan, mengoleskan pasta gigi pada luka bakar menyebabkan efek samping. Pasalnya, pasta gigi yang dioleskan tidak mendinginkan luka, melainkan membuat kulit melepuh.

"Saat pertama kena luka bakar jangan oles pakai pasta gigi atau mentega. Awalnya memang dapat mendinginkan, tapi lama-lama akan menahan panas dan akhirnya menguap," papar Wahyuni di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta.

Parahnya, tidak hanya melepuh, kulit juga berisiko terinfeksi. Hal ini pun semakin berbahaya jika terjadi pada kulit yang sensitif. Untuk mendinginkan luka, Wahyuni menyarankan untuk membasuh kulit dengan air mengalir.

Cara ini dipercaya mampu menghentikan panas di kulit akibat perubahan suhu. "Jangan pakai air es karena menyebabkan perubahan suhu signifikann. Akhirnya pasokan pembuluh darah kita hadi mengerut," kata dia.

"Oleskan juga krim luka bakar yang mengandung placenta extract. Krim ini harus ada dirumah. Krim tersebut dapat menyembuhkan iritasi akibat luka bakar dan menjadi pertolongan pertama," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8998 seconds (0.1#10.140)
pixels